Monday, 11 December 2017

Polda Banten Musnahkan Barang Bukti Shabu

Selasa, 12 Januari 2016 — 0:28 WIB
Wakil Direktur Satuan Narkoba Polda Banten, AKBP Dani Kustoni saat musnahkan shabu

Wakil Direktur Satuan Narkoba Polda Banten, AKBP Dani Kustoni saat musnahkan shabu

SERANG (Pos Kota) – Direktorat Reserse Narkoba Polda Banten memusnahkan barang bukti shabu seberat 97 gram yang ditaksir seharga Rp300 juta, Senin (11/1). Barang bukti narkotika disita dari tersangka l ZA, 35, dan HB, 42, beberapa waktu lalu. Pemusnahan dilakukan dengan mencampur shabu dengan cairan garam dan diaduk menggunakan alat blender oleh Tim Dokkes Polda Banten.

Wakil Direktur Satuan Narkoba Polda Banten, AKBP Dani Kustoni menjelaskan  pemusnahan ini merupakan hasil dari Operasi Antik yang mengamankan  ZA dan HB. ” Operasi Antik dilaksanakan  tahun 2015,” ujar AKBP Dani Kustoni di ruang kerjanya.

Pemusnahan ini, lanjut Wadir dilakukan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. “Yang kita musnahkan 97 gram, sisanya untuk barang bukti di pengadilan,” ujarnya.

Pemusnahan ini lebih lanjut, supaya barang bukti tidak beredar dan disalahgunakan. “Sisanya kita sisihkan ke untuk barang bukti di pengadilan.”

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Reserse (Ditres) Narkoba Polda Banten  meringkus bandar narkoba jenis shabu  ZA, 35, warga Serang, dan seorang residivis inisial HB, 42, warga asli Cianjur, Jawa Barat dibekuk pihak kepolisian di tempat terpisah pada Kamis 12 November 2015 lalu.

Dari tangan ZA petugas mengamankan barang bukti shabu seberat 6,73 gram yang disimpan di dashboard mobil Toyota Yaris Nomor Polisi B 1986 NVD. Keterangan tersangka ZA, sabu tersebut didapatkan dari seorang bandar berinisial HB dan polisi laluil menangkapnya di satu SPBU. (haryono)