Wednesday, 21 November 2018

Pasca Ledakan Thamrin, Pasar Tanah Abang Tetap Ramai

Jumat, 15 Januari 2016 — 18:38 WIB
ps.tanahbang

JAKARTA (Pos Kota) – Ledakan Thamrin tak membuat pedagang Pasar Tanah Abang takut. Pusat perdagangan grosir itu tetap ramai pembeli seperti hari-hari biasa.

Pemantauan Poskotanews, beberapa toko masih tutup. Namun, toko yang buka jauh lebih banyak.

Di depan pintu masuk, sejumlah petugas keamanan bersiaga. Namun, kehadiran mereka tak terlalu mencolok.

“Ya kemarin dari dua siang Tanah Abang mulai sepi, toko tutup lebih awal dari biasanya. Saya juga dipulangkan sama bos lebih awal,” ungkap Susi, pegawai toko pakaian. “Tapi hari ini toko buka seperti biasa.”

Tak hanya pedagang, pembeli juga terlihat tak terlalu peduli sehari sebelumnya Jakarta diguncang ledakan. “Saya dari jam 6 pagi di sini biasa saja nggak takut apa-apa, keinginan saya ingin berbelanja lebih besar dari rasa takut saya terhadap teroris,” ujar Febi, pembeli.

Sedang Fatimah mengaku datang dari Maluku ke Jakarta dengan niat belanja di Tanah Abang. Ia mengaku tidak takut meski sehari sebelumnya ada ledakan Jakarta. Ia tetap asyik berbelanja bersama sanak saudaranya. “Sudah diniati datang dari jauh, masak harus batal belanja?” ujarnya.

Mengenai keamanan, Widodo, petugas keamanan, mengakui pengamanan diperketat. Pada setiap pos juga ada satu atau dua petugas.

“Setiap blok ada kurang lebih 100 personil,” ungkapnya. “Untuk hari ini pengamanan dari kepolisian nggak ada tapi kami harus tetap waspada.”

Sebelumnya, terjadi penembakan dan ledakan di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Tujuh orang tewas, termasuk lima pelaku teror. (PNJ-50/yp)