Tuesday, 16 July 2019

Empat Gurandil Tertimbun, Tiga Masih Dicari

Sabtu, 16 Januari 2016 — 17:04 WIB
Gunung Pongkor tepat gurandil cari emas

Gunung Pongkor tepat gurandil cari emas

SUKABUMI (Pos Kota) – Empat penambang emas atau dikenal dengan sebutan gurandil di Blok/Petak 94 Kebonpinus, Kampung Pasiripis, Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tertimbun ketika menjalankan aktivitasnya, Sabtu (16/1).

Informasi yang dihimpun, peristiwa longsor itu terjadi pukul 09.30 WIB. Diduga tanah sekitar penambangan labil hingga mengakibatkan longsor. Sialnya, longsoran tanah menutup galian tambang emas di mana keempat gurandil tengah beraktifitas. Dari empat gurandil, tercatat atas nama Risman, 20, warga Kecamatan Kalibundeur berhasil diselamatkan.

Sementara tiga gurandil lainnya, yang identitasnya masih dalam pendataan petugas hingga sore hari masih tertimbun.

Camat Waluran, Zatmika membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, saat ini petugas dari TNI dari Koramil Surade dan Polsek Ciracap masih melakukan pencarian.  Di lokasi kejadian, petugas sudah menjaga ketat karena khawatir adanya longsor susulan. Terlebih, lokasi kejadian kini disesaki warga yang melihat proses evakuasi para korban tertimbun.

“Jumlah korban dan identitasnya masih dalam pendataan. Informasi sementara ada empat orang yang tertimbun,” ungkapnya. (sule)