Saturday, 22 September 2018

Harga Minyak Turun Berimbas ke Nilai Tukar Rupiah

Senin, 18 Januari 2016 — 21:30 WIB
Uang Inggris

JAKARTA (Pos Kota) – Menukiknya harga minyak sangat berdampak besar terhadap penerimaan negara. Hal ini berimbas terhadap nilai tukar rupiah.

“Dengan berkurangnya penerimaan negara, praktis nilai tukar rupiah akan makin tertekan terhadap dolar AS,” kata direktur eksekutif Energy Watch Indonesia (EWI), Ferdinand Hutahean, kepada Poskotanews, Senin (18/1/2016).

Pada akhirnya, defisit anggaran bakal semakin jauh. Ini akan berakibat jebolnya APBN. Untuk menghindari jebolnya anggaran, menurutnya, tak ada pilihan lain bagi pemerintah selain mengevaluasi kembali lifting minyak, harga minyak dan cost recovery.

Saat ini pemerintah mematok lifting minyak 830 ribu barel/hari. Target ini terlalu besar. Juga patokan harga minyak 60 dolar AS/barel juga tidak sesuai, karena harga sudah turun jauh.

Demikian pula dengan cost recovery juga sangat tinggi, karena banyak biaya yang tidak perlu juga masuk di sana oleh para kontrak kontraktor minyak. “Cost recovery ini harus dievaluasi lagi. Sedikitnya bisa dipangkas 30 persen,” jelasnya.

Jika ini bisa dilakukan, pemerintah bisa menekan pengeluaran saat penerimaan sedang turun. Sehingga, ia menegaskan pemerintah bisa menghindari defisit anggaran yang begitu jauh, akibat menukiknya harga minyak. Juga menahan rupiah tidak jatuh lebih jauh.

Sebelumnya, nilai tukar rupiah kembali tak berdaya menghadapi mata uang Negeri Paman Sam. Rupiah hampir menyentuh level Rp14.000/dolar AS.

“Situasi ini terjadi karena tekanan global, khususnya harga minyak dunia yang jatuh di bawah 30 dolar AS/barel,” kata Gubernur BI, Agus Martowardojo saat raker dengan Komisi XI DPR, Senin (18/1/2016).

Menurutnya, anjloknya harga minyak dunia juga berdampak pada ekonomi dunia yang tidak berkembang sesuai harapan. Ia mengaku belum bisa memastikan sampai kapan trend melemahnya nilai tukar rupiah ini berlanjut.

“BI tetap mewaspadai setiap pengaruh anjloknya harga minyak ini terhadap nilai tukar rupiah,” terangnya. (setiawan)

  • duh

    rupiah atau rugiah ?
    minyak mau turun mau naik, rupiah turun terus