Wednesday, 19 September 2018

Mau Saksikan Gerhana Matahari Total? Lebih Baik di Palembang

Senin, 18 Januari 2016 — 17:34 WIB
Gerhana Matahari/ist

Gerhana Matahari/ist

INDONESIA – Sebagian wilayah Indonesia akan mengalami gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang. Gerhana matahari total terakhir terjadi pada tahun 1995 dan baru akan berulang pada tahun 2023.

Peristiwa langka ini akan terlihat di 11 provinsi: Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.

Gerhana matahari pada 9 Maret juga terlihat dari beberapa wilayah lain di Indonesia dan Malaysia namun hanyalah gerhana matahari sebagian.

Kota Palembang menjadi kota yang berada persis di jalur gerhana matahari total. Diperkirakan fase gerhana pada pukul 07:20 WIB dan gerhana total mulai berlangsung pada pukul 08:20 WIB. Gerhana total akan berhenti pada pukul 08:22 WIB namun fase gerhana baru selesai pada pukul 09:31 WIB.

Gerhana matahari terjadi ketika bulan melintas di antara bumi dan matahari, menutupi sebagian atau seluruh matahari. Gerhana matahari total terjadi bila diameter bulan nampak lebih besar daripada diameter matahari, membuat sinar matahari tertutup dan membuat siang hari menjadi segelap malam.

Walaupun Jakarta tidak mengalami gerhana matahari total, namun gerhana sebagian bisa diamati mulai pukul 07:19 dan berakhir pada pukul 09:43 WIB.(daus)