Thursday, 20 September 2018

Isuzu Indonesia Dijadikan Basis Produksi Negara Berkembang

Rabu, 20 Januari 2016 — 20:18 WIB
Pabrik baru Isuzu di Karawang, Jawa Barat.

Pabrik baru Isuzu di Karawang, Jawa Barat.

JAKARTA – Tahun 2016 ini, Isuzu Jepang memiliki 4 global proyek, dimana Indonesia merupakan salah satu negara yang terpilih untuk pengembangan bisnis Isuzu dunia.

Isuzu merupakan produsen kendaraan pertama di Jepang dan produsen mesin diesel pertama di Jepang yang terus mengembangkan teknologi mesin diesel.

Bisnis Isuzu di dunia dibagi menjadi 3 basis produksi, yaitu pabrik Isuzu Jepang di Fujisawa sebagai basis produksi untuk kendaraan komersial negara-negara berkembang, yang memiliki regulasi emisi gas buang EURO III ke atas.

Basis kedua adalah negara Gajah Putih, Thailand, dengan basis produksi untuk kendaraan komersial kecil (light commercial vehicle), dengan produk seper& Isuzu D-Max dan Isuzu mu-X.

Pada proyek global tahun 2016 ini, Isuzu akan melihat Indonesia sebagai basis produksi kendaraan komersial untuk negara-negara berkembang, yaitu negara yang memiliki regulasi emisi Euro II.

Proyek ini sudah terlihat dengan dibangunnya pabrik baru Isuzu di Karawang, yaitu Isuzu Karawang Plant, yang diresmikan Menteri Perindustrian RI, Saleh Husin, pada 7 April 2015 lalu.

Pabrik seluas 300.000 m2 di Kawasan Industri Suryacipta Karawang Timur, memiliki kapasitas terpasang 52.000 unit per tahun dan dapat dikembangkan menjadi 80.000 unit per tahun.

Pabrik ini diperuntukkan untuk produksi kendaraan trus kelas ringan Isuzu ELF dan truk kelas menengah Isuzu GIGA.

REFLEKSI 2015

Tahun 2015 merupakan tahun yang berat bagi perekonomian Indonesia, hal ini sangat berdampak pada dunia otomoif. Penjualan otomoif tahun 2015 mengalami penurunan yang cukup signikan di angka 17%.

Kurs rupiah yang melemah memberikan efek turunnya bisnis para pengusaha, diikuti dengan turunnya daya beli masyarakat serta suku bunga bank sentral yang kurang baik.

Pada tahun 2015, Isuzu mengalami penurunan pada angka penjualan, menutup tahun 2015 dengan total penjualan sebesar 19.350 unit. Walaupun mengalami penurunan penjualan, market share Isuzu Elf pada segmen light truck mengalami peningkatan dari 18.1% menjadi 19%.   – dms.