Friday, 21 September 2018

66 Anak di Bawah Umur 10 Tahun Meninggal di Nduga Papua

Kamis, 21 Januari 2016 — 8:45 WIB
Yacoba Lokbere, Ketua Komisi V DPR Papua

Yacoba Lokbere, Ketua Komisi V DPR Papua

JAKARTA – Sebanyak 66 anak di bawah 10 tahun, di Kabupaten Nduga, Propinsi Papua meninggal dengan penyakit ‘aneh’. Hingga kini penyebab belum diketahui.

Menurut Yacoba Lokbere, Ketua Komisi V DPR Papua (DPRP), di Kompleks DPR, Jakarta, Kamis (21/1) dari informasi resmi, sudah 54 anak di bawah 10 tahun yang meninggal. Namun dari informasi yang diperoleh Yacoba, per 17 Januari 2016, di dua distrik yang berbatasan dengan Kabupaten Jayawijaya, yaitu Distrik Nanggo  dan Trikora, 12 orang lagi yang meninggal.

Kejadian sudah berlangsung sejak lama, tetapi Dinas Kesehatan Propinsi Papua, baru Rabu (20/1) terjun ke lokasi. Alasan Dinas Kesehatan Pemda Kabupaten Nduga dan Propinsi Papua, mereka tidak didukung dana.

Dari Kepala Dinas Kesehatan Papua drg Aloysius Giyai, Yacoba memperoleh informasi, pada tanggal 12 Desember 2015 Dinas Kesehatan Papua sesungguhnya sudah menulis surat kepada Menteri Kesehatan, agar dibantu membasmi dan menanggulangi penyakit aneh tersebut. Tetapi hingga kini belum ada tanggapan.

Dari informasi yang dikumpulkan Yacoba dari masyarakat, wabah dimulai dengan kematian binatang-binatang melata, kemudian diikuti kematian ternak ayam dan babi. Tidak lama kemudian, anak-anak di bawah 10 tahun banyak yang meninggal.(B)