Wednesday, 14 November 2018

Buang Sampah Sembarangan, Enam Warga Didenda Rp500 Ribu

Senin, 25 Januari 2016 — 20:37 WIB
Warga tertangkap tangan saat membuang sampah di Jalan Plumpang Semper. (wandi)

Warga tertangkap tangan saat membuang sampah di Jalan Plumpang Semper. (wandi)

JAKARTA (Pos Kota) – Hujan deras yang mengguyur Jakarta tidak menyurutkan petugas Kelurahan Tugu Utara bersama Kecamatan Koja, kembali dalam operasi operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini razia tersebut digelar di sepanjang Jalan Plumpang Semper depan Tempat Pemakaman Umum ( TPU) Kampung Mangga, Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Senin (25/01/2016).

Sebanyak 6 orang warga yang sedang membuang sampah sembarangan berhasil ditangkap. Dari tangan mereka petugas menyita barang bukti berupa kantong plastik kresek yang berisi sampah. Para pelaku yang kedapatan membuang sampah sampah tersebut langsung dibawa ke kantor kelurahan dan didenda Rp500 ribu.

Camat Koja, Rahmat Effendi Lubis didampingi Lurah Tugu Utara, Nandang Hidayat, mengatakan, pihaknya memang sengaja menggelar OTT pada saat hujan. Ini dilakukan karena pada saat itu warga memanfaatkan untuk membuang karena mereka beranggapan tidak ada petugas yang yang memantauan.

“Saat hujan seperti ini memang banyak warga yang memanfaatkan untuk membuang sampah sembarangan. Maka dari itu kami bersama puluhan aparat menggelar operasi dan berhasil mengamankan enam orang,”kata Rahmad Effendi Lubis.

Para pelaku pembuang sampah yang berhasil diamankan itu kata Camat selanjutnya dibawa ke kantor kelurahan untuk dilakukan pendataan. Selain itu mereka juga didenda sebesar Rp500 ribu, tapi jika tidak mempu mereka memiliki kewajiban bersama PPSU untuk melekakukan bersih-bersih lingkungan.

Hukum ini dilakukan tujuannya membuat jera para pelaku pembuang sampah, diharapkan kedepan masyarakat terutama wilayah Koja tidak lagi melakukan pembuangan sampah sembarangan. Operasi ini akan terus dilakukan dengan dengan tujuan wilayahnya benar-benar terbebas dari pelaku pembuang sampah.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalaam rangka menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah dan Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum,”kata Rahmat.

Sementara, Abdul Khoir, salah seorang warga yang tertangkap membuang sampah sembarang mengaku tidak tahu kalau di lokasi itu tidak diperkenankan buang sampah.
“Saya kapok engak lagi buang sampah di sana, hukuman apapun akan saya laksanakan karena memang saya bersalah membuang sampah sembarangan ,” pungkasnya.(wandi/ruh)

Teks foto: Warga tertangkap tangan saat membuang sampah di Jalan Plumpang Semper. (wandi)