Tuesday, 25 September 2018

Penambang Batu Karang Tewas Tertimbun Longsor

Senin, 25 Januari 2016 — 21:56 WIB
Relawan gabungan saat mengevakuasi jasad korban tewas tertimpa batu karang di Jampangtengah, Sukabumi.

Relawan gabungan saat mengevakuasi jasad korban tewas tertimpa batu karang di Jampangtengah, Sukabumi.

SUKABUMI (Pos Kota) – Seorang penambang, Simanora, 45, tewas diduga tertimbun ketika tengah melakukan penggalian batu di Kampung Ciburial RT 27/06, Desa Padabenghar, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (25/1/2016).

Peristiwa maut itu terjadi saat korban melakukan aktifitasnya. Naas, warga Kampung Babakan Panyindangan RT 34/07 Desa Padabeunghar, Kecamatan Jampangtengah ini terkena material longsoran batu karang. Kuat dugaan, ketika korban tertimpa material batu tengah seorang diri.

Dugaan ini diperkuat ketika jasad korban ditemukan pedagang es keliling dalam keadaan tergeletak tertimpa material batu karena longsoran. Posisi tubuhnya saat itu seakan berusaha menahan batu. Pada tubuh korban ditemukan sejumlah luka parah di bagian kepala sebelah kanan dan tangan kiri.

Kejadian itu langsung sampai ke Polsek Jampangtengah. Tak lama kemudian, polisi bersama warga serta dibantu Puskesmas Jampangtengah, aparatur Desa Padabeunghar mengevakuasi jasad korban. Sekira pukul 14.45 WIB jasad korban berhasil dievakuasi dan dinyatakan meninggal dunia.

Danramil Jampangtengah Kapten (Arm) Jono menjelaskan dari hasil penyelidikan pihak kepolisian diduga korban meninggal karena kecelakaan kerja atau saat sedang menambang batu. ” Pada saat kejadian lokasi tambang tidak ada siapapun, diduga korban bekerja sendirian. Namun, untuk memastikan penyebab kematiannya, Polsek Jampangtengah masih melakukan penyelidikan,” ungkapnya.

Di lokasi kejadian, polisi telah memasang garis polisi. Pemasangan police line itu agar tidak ada siapapun masuk ke lokasi tambang yang rawan terjadi longsor ini.(sule/ruh)