Thursday, 20 September 2018

Sobat Gowes (Sogo) Bagasasi

Usia Tak Surutkan Semangat Kami Bersepeda

Senin, 25 Januari 2016 — 17:44 WIB
sobat-gowes

BERSEPEDA bukan hanya menyehatkan. Namun aktifitas ini juga telah menjadi trend dan hoby bagi warga kosmopolitan. Bukan hanya kawula muda, namun kalangan orang tua juga menggandrungi olah raga kereta angin tersebut.

Seperti semangat yang ditunjukkan anggota komunitas Sobat Gowes (Sogo) Bagasi. Usia yang tidak lagi muda tidak menyurutkan mereka untuk menggowes sepedanya. Keseruan yang tercipta saat menggowes, membuat mereka lupa dengan umur.

Menurut , Erik Gunawan, Ketua Sogo Bagasi, rata-rata anggota komunitasnya telahberusia di atas 50 tahun. “Usia tidak menjadi hambatan untuk sehat. Malah sebaliknya, semakin tua kami semakin sadar akan pentingnya hidup sehat,” ujar Erick, saat ditemui poskotanews.com beberapa waktu lalu.

Lebih lanju Erick menambahkan kalau komunitas ini berasal dari gabungan komunitas-komunitas para anggota Sogo Bagasi. “Dulu kita punya komunitas sepeda sendiri-sendiri lalu kita ada ide untuk menggabungkan menjadi suatu badan organisasi yang berkekuatan hukum lalu terbentuklah seperti ini,” ungkap Erick.

Semangat untuk menggowes ini ini dibuktikan dengan masih aktifnya anggota Sogo Bagasi mengikuti berbagai event sepeda. Seperti halnya sekarang, beberapa anggota komunitas ini sedang ada yang mengikuti event di Badui.

Kebersamaan menjadi dasar berdiri komunitas ini. Untuk menjaga hal itu, Erick mengatakan setiap ada yang ulang tahun atau ada yang meninggal dunia, para anggota Sogo Bagasasi pasti ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Kendati demikian, Erick mengungkapkan bukan berarti, komunitas ini tertutup untuk anak muda yang memiliki hobi yang sama. “Kami terbuka untuk anak muda yang ingin bergabung. Tercatat saat ini sebanyak 100 orang te;ah bergabung dalam komunitas kami,” tukas Erick yang menjelaskan bahwa komunitas Sogo Bagasi telah berdiri sejak tahun 2011 lalu.

Karenanya bagi warga yang ingin bergabung, dikatakan Erick pihaknya membuka yang selebar-lebarnya. “Caranya mudah, cukup bawa sepedamu lalu datang dan berkumpul bersama komunitas Sogo Bagasasi. Sepedanya tidak harus sepeda gunung atau semacamnya, sepeda apa aja boleh.” (PNJ-35/ruh)