Monday, 15 July 2019

Giliran Kos-kosan di Johar Baru Dirazia Petugas Gabungan

Selasa, 26 Januari 2016 — 16:45 WIB
Petugas Kecamatan Johar Baru, tengah melakukan pendataan rumah kos-kosan berikut penghuninya. (deny)

Petugas Kecamatan Johar Baru, tengah melakukan pendataan rumah kos-kosan berikut penghuninya. (deny)

JOHAR BARU (Pos Kota) – Razia  kos-kosan di wilayah Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat kembali dilakukan petugas gabungan dari kecamatan dan Satpol PP dengan tujuan mengantisipasi peredaran narkoba, teroris dan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar), Selasa (26/1/2016).

Kegiatan  sejak Pukul 10:00 tersebut, dimulai dengan mendatangi sejumlah rumah kos-kosan di Jalan Kampung Rawa.Petugas  mengetuk satu persatu kamar yang ada untuk memintai keterangan penghuninya.

Kedatangan petugas membuat sejumlah penghuni rumah kos-kosan terkejut dan menolak dengan cara menutup pintu. “Maaf Pak, saya cuma kerabat dan numpang bermalam di sini,” kilah  seorang penghuni kamar kosan yang tidak ingin disebut identitasnya.

Meski demikian, petugas yang dipimpin Wakil Camat Johar Baru, Yassin Pasaribu tersebut meminta penghuni untuk tetap menunjukan identitas lebih dulu. “Nggak usah takut, kita hanya ingin tahu siapa saja yang menghuni kos-kosan di sini. Dan untuk pemilik apakah ada ijin usahanya atau tidak,” jelasnya.

Dari hasil razia sejumlah rumah kos-kosan yang ada di wilayah Kecamatan Johar Baru tersebut, didapati  45 penguni tidak memiliki KTP DKI Jakarta dan beberapa pemilik kosannya tidak memiliki izin usaha.

“Selanjutnya mereka yang tidak memiliki KTP DKI kita sarankan untuk membuat Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) di kantor-kantor kelurahan terdekat, sedangkan untuk pemilik kita ajurkan segera mengurus ijin usaha. Karena bila tidak aka nada tindakan lanjut berupa penyegelan hingga bongkar paksa,” tegas Yassin. (deny)