Monday, 17 June 2019

Simulasi Hadapi Serangan Mendadak

Polres Jakpus ‘Diserbu’ Teroris

Kamis, 28 Januari 2016 — 13:55 WIB
simulasi teroris

JAKARTA (Pos Kota) – Suara ledakan dari ‘bom’ yang dilempar oleh kawanan ‘teroris’ mengawali baku tembak antara enam teroris dengan anggota polisi di Polres Jakarta Pusat. Berlangsung cukup lama, baku tembak pun berakhir. Di halaman Polres , sejumah orang tergeletak tak bernyawa, di antara dua anggota polisi.

“Saya kira diserang teroris beneran, seperti kejadian nyata. Mencekam,” tutur Ny.Lisa, satu warga yang kebetulan sedang berada di Polres Jakarta Pusat. Ny. Lisa baru menyadari kalau hal merupakan kegiatan simulasi polres setempat terkait kesiapan dan kewaspadaan mengadapi serangan teroris.

“Ada 200 personel yang dilibatkan dalam simulasi ini,” kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hendro Pandowo, Kamis (28/1/2016).

Dalam simulasi itu ada enam teroris dan seorang diantaranya wanita berkerudung, terlebih dulu masuk ke pos penjagaan, dan kemudian teroris lainnya datang sambil mengajungkan senjata kearah pos penjagaan. Setelah beberapa menit kemudian teroris melakukan pelemparan bom ke halaman Polres, dan dalam serangan polisi dengan dilengkapi senjata sempat menghadang.

Akibatnya terjadi baku tembak antara teroris dengan puluhan anggota polisi, akibat serangan itu terlihat suasana semakin mencekam di ruang SPK. “Begitu terdengar suara tembakan tamu lagi buat laporan kaget, saya kirain baku tembak tadi teroris benaran pak,” kaget Ny Lisna, di ruang SPK.

Setelah adegan simulasi dipergakan, ke enam teroris dan dua anggota polisi yang tewas dikirim ke RS Polri Kramatjati. “Maaf bu ini hanya simulasi pencegahan teroris jangan kaget,” ujar Kasubbag Polres Jakpus Kompol Suyatno.(Silaen/PNJ39/PNJ37/yh)