Tuesday, 20 November 2018

111 Rumah Pompa di Jakarta Utara Siap Hadapi Banjir

Minggu, 31 Januari 2016 — 7:49 WIB
Petugas siap siaga menjaga rumah pompa atas banjir

Petugas siap siaga menjaga rumah pompa atas banjir

TANJUNG PRIOK (Pos Kota) –Sebanyak 111 rumah pompa yang ada di Jakarta Utara kondisi siap menghadapi banjir yang diperkirakan terjadi pertengahan Februari 2016. Dari jumlah itu dua diantaranya hingga saat ini masih dalam perbaikan dan diperkirakan dalam sehari dua hari ini akan selesai dan siap beroperasi.

Kasudin Pekerjaan Umum (PU) Tata Air, Jakarta Utara, Herning, di Jakarta Utara ini ada 111 rumah pompa, 2 unit diantaranya masih dalam perbaikan. Meski pihaknya mengaku pihaknya sudah siap menghadapi banjir pada awal tahun ini.

“Saat ini memang kami sudah intensifkan perbaikan-perbaikan pompa air yang rusak. Diharapkan pada saat banjir nanti seluruhnya akan selesai dan siap dioperasikan. Bahkan saat ini kami juga sudah  piket 24 jam pada petugas rumah pompa,”kata Herning.

Walikota Jakarta Utara, Rustam Effendi mengungkapkan, dalam menghadapi musim hujan dan diperkirakan banjir ini pihaknya juga membentuk tim khusus dan menerapkan piket. Pendirian  posko piket penanggulangan bencana sangat penting. Sebab, meski terlihat sepele, tapi tanggungjawabnya cukup besar demi penanganan bila terjadi banjir di Jakarta Utara.

“Demi percepatan penanggulangan banjir serta pendistribusian bantuan pada masyarakat saat terjadi banjir, saya sudah mengintruksikan agar para petugas piket, baik itu dari mulai pejabat hingga staf serta petugas lainnya, secara bergiliran agar selalu ada di masing-masing posko,”tegas Rustam Effendi.

Walikota juga menambahkan saat ini dari 111 unit pompa yang tersebar di 31 titik lokasi rumah pompa yang tersebar di Jakarta Utara, juga sudah dalam kondisi siap.

Terkait rawan banjir Rustam Effendi menjelaskan  di Jakarta Utara, ada  17 kelurahan yang tergolong rawan banjir dan genangan. Ke 17 itu diantaranya, Kelurahan Kampuk Muara, Pejagalan, Sukapura, Pengangsaan Dua dan lain sebagainya.

Makanya untuk memaksimalkan penanganan banjir pihaknya saat ini juga sudah mempersiapkan pompa portebel. Pompa ini nanti akan mobile ke lokasi-lokasi yang dianggap terjadi genangan cukup parah. (wandi)

  • tongseng

    Harus siaga 24 jam sehari pompa2 diperbaiki saluran2 dibersihkan agar bisa mengurangi efek banjir kiriman dari bogor sebab Jakarta bukan hanya diguyur hujan lokal tapi banjir kiriman Bogor itulah yg menyebabkan banjir, tangkap pembuang sampah sembarangan