Monday, 16 July 2018

Pelaku Ditangkap

Wakil Rektor `Gadungan` Tipu Dosen UI

Rabu, 3 Februari 2016 — 8:22 WIB
Foto- Pelaku saat diamankan petugas di Polsek Beji, Depok, (angga)

Foto- Pelaku saat diamankan petugas di Polsek Beji, Depok, (angga)

DEPOK (Pos Kota) –  Wakil Rektor III dan Guru Besar Universitas Bengkulu `gadungan` ditangkap polisi, karena dituduh menipu seorang Dosen UI.  Pelaku RH,58, warga Tangerang, tidak bisa berbuat apa-apa setelah dibekuk petugas  atas laporan  korban, Dr. USFP Tambunan, Dosen UI.

Pelaku memperdayai korban dengan cara minta uang sebesar Rp2 juta. Pelaku berpura-pura kehabisan uang karena baru kecopetan.

“Tidak lama setelah kejadian pelaku berhasil ditangkap masih dalam lingkungan kampus UI. Pelaku meminta uang Rp.2 juta kepada korban dengan alasan dompetnya habis kecopetan dan tidak bisa pulang,”ujar Kapolsek Beji, Kompol Ni Gusti Ayu Supiati, Rabu (3/2) pagi.

Menurut kapolseks, korban seorang dosen bersama dua orang saksi yakni securiti kampus sudah dimintai keterangan oleh penyidik.

“Untuk membuat percaya korbannya pelaku memperdayai korban dengan berpura-pura menjadi teman korban lalu mengaku sebagai Wakil Rektor III dan Guru Besar dari Universitas Bengkulu,”ungkapnya.

Korban DR Usman, yang mempercayai perkataan pelaku. Langsung memberikan uang yang dimintai pelaku.

“Korban mengambil uang di ATM BNI Fakultas MIPA UI. Setelah itu uang diberikan ke pelaku,”ucapnya.

Setelah tidak lama dari kejadian, korban baru merasa ketipu setelah merasa tidak ada kenalan Wakil Rektor III dari Universitas Bengkulu. Korban melapor ke petugas security dan langsung segera menangkap pelaku yang akan melarikan diri.

“Pelaku sudah diamankan petugas satpam di pos security MIPA UI Depok. Ketika petugas datang langsung dibawa ke Polsek,”tutupnya. “Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku dikenakan pasal 378 KUHP tentang penipuan ancaman lima tahun penjara.”
(angga/sir)