Tuesday, 13 November 2018

Cina Benteng Rayakan Imlek Dengan Kesederhanaan

Senin, 8 Februari 2016 — 16:41 WIB
ciben

TANGERANG (Pos Kota) – Perayaan Tahun Baru Imlek memang ditunggu-tunggu warga Tionghoa. Tidak terkecuali Warga Cina Benteng (Ciben). Dengan kesederhanaan mereka rayakan hari besar ini dengan penuh kekhidmatan.

Seperti yang diutarakan Thio Kin Yo. Salah satu warga Cina Benteng di Sewan, Neglasari, Kota Tangerang. Ia mengaku merayakan Imlek tak harus dengan kemewahan.

Bagi pria berusia 57 tahun itu, berkumpul bersama keluarga tercinta dalam suasana kesederhanaan menjadi kebahagiaan tersendiri. Karena, dua anaknya akan berkumpul di rumahnya tersebut. Thio Kin Yo kerap mengawali perayaan Imlek dengan berdoa di kelenteng Boen Tek Bio.

“Berkumpul bersama anak-anak menyantap Ikan Bandeng sudah membuat saya bahagia. Imlek tak harus di rayakan dengan kemewahan,” ungkapnya Senin (8/2/2016).

Biasanya, Tahun baru Imlek selalu di isi tradisi membagi-bagikan angpao bagi orang tua maupun anak-anak kecil. Namun Bagi Thio Kin Yo, tradisi tersebut bukanlah sebuah keharusan di keluarganya. Menurutnya, mencari nafkah saat ini semakin susah sehingga tak berarti harus menghambur-hamburkan uang.

Thio Kin Yo selalu berpesan kepada ke tujuh anaknya agar lebih banyak berdoa. Sebab tahun Monyet Api bagi mereka adalah tahun penuh tantangan. Sehingga pengharapan yang belum tercapai dapat terwujud di tahun ini.

“Saya selalu berpesan ke anak-anak untuk selalu berdoa. Merenungkan semua yang telah dijalani di tahun sebelumnya sehingga di tahun berikutnya harapan yang belum terwujud bisa tercapai,” Ungkapnya. (imam/ruh)

Teks foto : Warga Ciben rayakan Imlek di Kelenteng Boen Tek Bio