Monday, 24 September 2018

Tahun Ini, Bazis Sukabumi Targetkan Perolehan Zakat Rp3,2 Miliar

Selasa, 9 Februari 2016 — 22:07 WIB
zakat

SUKABUMI (Pos Kota) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi menargetkan besaran zakat yang akan dihimpun tahun 2016 naik 300%. Tahun 2015 besaran zakat yang dihimpun mencapai Rp900 juta. Tahun ini Baznas manargetkan raihan zakat dari berbagai sumber mencapai sebesar Rp3,2 miliar lebih.

Ketua Baznas Kota Sukabumi, Fifi Kusumajaya mengatakan, Baznas dalam menghimpun zakat saat sudah memiliki landasan hukum yang kuat yakni UU Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat; PP Nomor 14 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat; serta Inpres Nomor 3 tahun 2014 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat di lembaga, Kementerian, pemda, BUMN, BUMD, melalui Baznas.

“Diharapkan dengan adanya aturan ini bisa meningkatkan pendapatan zakat. Karena Baznas sebagai lembaga yang resmi dapat menghimpun secara langsung ke pada masyarakat,” kata Fifi, Selasa (9/2).

Menurut Fifi, dengan Misi dan Visi mewujudkan Baznas Kota Sukabumi yang Rohmatan Lil Alamin (Amanah, Mensucikan dan Mensejahterakan) diharapkan pengelolaan zakat di Kota Sukabumi dapat lebih maksimal. “Diharapkan kesadaran para Muzaki dapat meningkat untuk berzakat melalui amil zakat, membuat data base zakat dan memaksimalkan peran zakat dan menanggulangi kemiskinan,” tuturnya.

Fifi juga menambahkan, Baznas Kota Sukabumi dengan kepengurusan yang baru berkeinginan mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada Baznas. Hal ini tentu butuh kerja keras untuk menjadi amanah sesuai syariah, terpercaya, bersih, adil dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Banyak indikator keberhasilan baznas diantaranya meningkatkan hasil pengumpulan, meningkatnya para agnia yang berzakat sesuai syariah melalui amil zakat, dan termanfaatnya hasil pengumpulan zakat untuk mensejahterakan kaum miskin,” ujarnya.

Walikota Sukabumi, HM Muraz berharap dengan kepengurusan Baznas anyar dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menyampaikan zakatnya melalui lembaga resmi ini. Tentunya ini akan menjadi tantangan tersendiri kepada pengurus yang sudah terpilih. “Saya yakin jika masyarakat sudah percaya untuk menyampaikan zakatnya ke baznas ini akan meningkatkan perolehan zakat,” bebernya. (sule/ruh)