Tuesday, 23 July 2019

Korea Utara Kembali Eksekusi Mati Jenderal

Rabu, 10 Februari 2016 — 20:02 WIB
Jenderal Ri Yong Gil (reuters)

Jenderal Ri Yong Gil (reuters)

KOREA UTARA – Pyongyang telah mengeksekusi salah satu jenderalnya, demikian dilaporkan, Yonhap, kantor berita pemerintah Korea Selatan. Menurut Yonhap, Jenderal Ri Yong Gil yang menjabat sebagai kepala staf angkatan darat Korea Utara dihukum mati karena dakwaan korupsi.

Jenderal Ri diangkat menjadi kepala staf pada bulan Agustus 2013, tidak terlihat saat partai dan militer Korea Utara merayakan keberhasilan peluncuran satelit 7 Februari lalu.
Kepada Reuters, salah satu sumber yang tidak mau disebut namanya, membenarkan berita eksekusi jenderal yang diperkirakan berusia sekitar 60 tahun.

Namun, sangat sulit mendapatkan konfirmasi tentang hukuman mati ini karena Korea Utara sangat jarang mengumumkan penyingkiran pejabat tinggi mereka.

Terakhir kali Pyongyang membenarkan adanya hukuman mati terhadap orang penting adalah saat Jang Song Thaek yang sekaligus paman pemimpin tinggi Kim Jong Un dieksekusi atas dakwaan korupsi pada tahun 2013.

Sejak mengambil alih kepemimpinan Korea Utara pada tahun 2011, Kim Jong Un beberapa kali mengganti petinggi militernya. Beberapa pejabat tinggi sempat menghilang dari publik yang membuat dunia luar menduga telah disingkirkan tapi beberapa saat kemudian tokoh tersebut muncul lagi di depan umum.

Menurut perhitungan Korea Selatan, Pyongyang telah mengeksekusi sekitar 15 pejabat tinggi pada tahun 2015.(daus)