Tuesday, 25 September 2018

Solidaritas Toleransi Kawan 212 (Shotokaw 212)

Bersatu Dalam Keragaman

Kamis, 11 Februari 2016 — 15:08 WIB
shoto-1

SOLIDARITAS Toleransi Kawan 212 atau Shotokaw 212. Komunitas motor ini telah berdiri sejak tahun 1987 silam. Didirikan oleh tujuh orang yang saat itu baru duduk di bangku SMA 3 Pondok Labu, ketika itu hanya 7 orang, komunotas ini kini telah menjelma menjadi komunitas yang cukup besar.

Berbeda dengan komunitas motor lainnya, Shotokaw 212 tidak mengharuskan anggotanya memiliki motor tertentu. “Semua varian motor bisa bergabung dalam komunitas ini. Artinya Shotokaw 212 ini bisa diartikan bersatu dalam keragaman,” ujar Dedde, salah satu anggota Shotokaw 212 saat ditemui poskotanews.com beberapa waktu lalu.

Adapun hingga saat ini, Dede mengungkapkan tercatat sebanyak 600 orang tercatat dalam anggota komunitas ini. Jumlah tersebut belum ditambah dengan jumplah anggota simpatisan yang memang belum terdaftar dan memiliki kartu anggota. “Tidak tanggung-tanggung jumlah simpatisan bisa mencapai ribuan anggota. Ini terlihat dari berbagai kegiatan yang kami gelar. Biasanya diikuti ribuan motor,” tukasnya.

Seperti kegiatan saat hari jadi komunitas ini beberapa waktu lalu. Saat itu 24 cabang Shotokaw 212 yang tersebar di wilayah Jabodetabek mengikuti touring ke Cibodas, Kampung Pleret, Jawa Barat.
shoto-2

Guyuran hujan yang deras tak mengurungkan niat komunitas motor Shotokaw untuk mengawali perjalanan dari Sandratex, Tangerang. Mendapat pengawalan yang ketat dari Polwiltabes Kota Bogor, dan didamping oleh 1 mobil ambulan dan 1 mobil storing, membuat komunitas ini semakin semangat untuk segera sampai tujuan.

Terasa sesak sekali ketika komunitas ini beriringan terjun ke jalan, bayangkan sekitar 1.500 anggota Shotokaw dan 500 simpatisan dari berbagai macam varian motor ikut menyemarakan hari jadi Shotokaw 212.

Aneka macam hiburan telah disiapkan sesampainya di Cibodas, kampung Pleret. Panitia acara sudah menyiapkan doorprize untuk anggota Shotokaw dan simpatisan. Bukan itu saja, pada puncak acara panitia sudah menyiapkan grandprize yaitu 2 buah sepeda motor untuk yang beruntung mendapatkanya.

Selain itu, untuk meningkatkan jiwa sosial antar sesama, Shotokaw 212 juga menunjukkan jiwa kepedulian terhadap sesamanya dengan mengadakan bakti sosial. Yakni dengan membagi-bagikan sembako.

Menurut Dede untuk masuk jadi anggota Shotokaw 212 ada tiga syarat, pertama, harus ada registrasinya atau KTA. Kedua, pendaftaran harus dilakukan di chapter terdekat seperti Pamulang dan lain sebagainya. Dan yang ketiga adalah ikut kopdar. (PNJ-48/ruh)