Monday, 12 November 2018

Runwheel Indonesia

Komunitas Kendaraan Masa Depan yang Ramah Lingkungan

Sabtu, 13 Februari 2016 — 16:35 WIB
run-1

BERBENTUK seperti skatebord, kendaraan ramah lingkungan ini diprediksi akan menjadi kendaraan masa depan. Kendaraan tersebut bernama Runwheel atau Smart Balance Wheel.. Kendaraan tanpa bahan bakar yang berasal dari Taiwan.

Produk yang juga akrab disebut electric unicycle berbentuk portabilitas dan hemat energi. Tetapi, kendaraan ini tidak seperti pada umumnya yang bisa menempuh perjalanan jauh, kendaraan ini hanya memiliki kecepatan maksimal 10-13 km/jam. Meski masih relatif masih asing namun, penghobi terhadap kendaraan ini sudah cukup banyak di tanah air.

Bahkan beberapa komunitas Runwheel telah terbentuk. Salah satunya Runwheel Indonesia yang berdiri sejak Feberuari 2015.

“Awalnya saya membuat komunitas ini hanya keisengan semata. Sebab karena semenjak saya menggunakan runwheel, terbesit kalo saya harus menuangkan ilmu saya didalam komunitas, maka dari sana saya buat komunitas Runwheel Indonesia ,” kata Eri Surya Ananta, Ketua Ruwheel, kepada poskotanews.com beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Eri mengaku semula tidak yakin banyak warga yang berminat menggunakan kendaraan ini. Namun setelah melihat banyaknya artis yang menggunakan kendaraan ini, sayapun optimis. Hal tersebut tidak meleset, Runwheelpun disambut antusias warga.

Eri mengatakan, Runwheel merupakan skateboard matic pabrikan Taiwan yang dirakit di Indonesia yang tenaganya dapat diisi ulang. “Di charge selama 1 jam untuk penggunaan 3-4 jam atau sekitar 20km dengan kecepatan 10-13 km/jam dan Runwheel dapat digunakan dari anak kecil sampai orang tua, dengan berat badan 30 kg hingga 100kg untuk model dua roda,”,” ujarnya.

Eri pun menjelaskan, cara penggunaan runwheel cukup mudah, terdapat sensor dipijakan kaki, sehingga pengguna harus cepat meletakkan kedua kaki pada pijakan. Untuk mengarahkan dan mengontrol laju kendaraan, pengguna hanya perlu mencongdongkan badan, ke depan untuk melaju, ke belakang untuk berhenti, belok kiri tekan kanan dan sebaliknya.
run-2

Runwheel, kata Eri, bisa dipelajari dalam waktu singkat yakni 10-15 menit. “Biasanya 15 menit sudah bisa pakai sendiri. Tapi kalau untuk mahir dibutuhkan pembiasaan. Biasanya anak-anaklah yang lebih cepat menguasai karena mereka kan tidak mikir takut jatuh,” papar Eri.

Ia mengatakan, Runwheel tersebut memiliki enam tipe, mulai dari yang tidak memiliki handler hingga yang mempunyai handler. Runwheel yang diimpor menghadirkan enam tipe smart balance wheel dan yang ditawarkan Runwheel Jakarta saat event “FreeStyle Dance with Runwheel Competition 2016” di AEON Mall BSD City, Tangerang, terdapat tiga model, satu roda, dua roda, dan dua roda dengan pegangan tangan.

“Kini jumlah anggota komunitas kami khusus daerah Jakarta sudah sampai 100 orang yang bergabung, komunitas Runwheel juga tidak hanya dari Indonesia saja. tapi kami sudah bergabung dengan komunitaas Runwheel Malaysia,” tuturnya
run-3

Eri menambahkan, alat tersebut bisa digunakan untuk olahraga hingga jalan-jalan mengelilingi area sebuah pameran. “Misalnya saat pameran digunakan bisa menghemat tenaga dan waktu. Selain itu juga bisa untuk olahraga, tapi fungsinya hanya meningkatkan kekuatan otot kaki,” jelasnya.

Tidak hanya itu, penggunaan alat ini juga bisa meningkatkan konsentrasi. Pasalnya, jika tidak fokus, pengendaranya bisa jatuh karena hilang keseimbangan. Eri mengatakan tipe GX roda dua Runwheel menjadi yang paling diminati. Kendaraan ramah lingkungan itu ditawarkan dengan harga mulai dari 6 jutaan sampai dengan 20 jutaan dengan garansi 1 tahun.(PNJ-36/ PNJ-48/ruh)