Tuesday, 20 November 2018

Walikota Bandung Kirim Tim Belajar e-Budgeting di Pemprov DKI

Kamis, 18 Februari 2016 — 21:44 WIB
Tim Walikota Bandung belajar E-Budgeting. (joko)

Tim Walikota Bandung belajar E-Budgeting. (joko)

JAKARTA (Pos Kota) – Keberhasilan Pemprov DKI Jakarta menerapkan  penganggaran melalui sistem e-budgeting dan e-planning menarik daerah lainnya. Contohnya, Walikota Bandung mengirim sejumlah pejabat, untuk mempelajarinya.

Mereka yang dikirim termasuk lurah dan camat untuk belajar mengelola APBD melalui sistem berbasis teknologi informatika. Sejumlah pejabat yang dipimpin ‎Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Yossi Irianto‎, belajar ilmu tersebut ke Balaikota DKI Jakarta.

“SKPD di tempat kami memang sudah mulai buat e-budgeting, tapi masih di internal masing-masing saja. Makanya kami datang ke Jakarta ingin belajar banyak soal proses e-budgeting yang sudah sukses diterapkan Pemprov  DKI,” ujar Yossi, Kamis (18/2).

Mereka ingin belajar mengenai sistem anggaran yang menjadi salah satu program andalan Gubernur Ahok. “Kami sebenarnya sudah mulai menerapkan proses pengadaan barang berbasis teknologi. Hanya saja penerapannya belum terintegrasi secara menyeluruh. Selain itu kami juga belajar bagaimana mempersiapkan SDM mengelola sistem digital ini,” paparnya..

Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan DKI, Sylviana Murni mengatakan, dulunya proses penganggaran memang bisa terjadi tumpang- tindih. “Setelah dilakukan integrasi melalui e-Planning, lebih mudah dilakukan pengawasan,” ujar Sylvi saat menyambut rombongan tersebut.

Menurutnya, terobosan demi terobosan terus diciptakan. Sama seperti kalau SKPD mau beli barang, langsung melalui LKPP dengan e-catalog. “Jadi percepatan pekerjaan bisa terus dilakukan. Serta aktivitas transaksi berlangsung transparan karena bisa diakses siapapun,” tambah mantan Walikota Jakpus. (Joko)