Saturday, 17 November 2018

Langgar Hak Anak, Kak Seto: Saipul Jamil Bisa Dihukum 15 Tahun Penjara

Jumat, 19 Februari 2016 — 10:50 WIB
Saipul Jamil di Polsek Kelapa Gading.

Saipul Jamil di Polsek Kelapa Gading.

JAKARTA (Pos Kota) – Psikolog anak yang juga dewan pembina Komisi Nasional Pemerhati Anak (Komnas Anak), Seto Mulyadi, meyakini polisi akan menjerat Saipul Jamil dengan UU Perlindingan Anak. Penyanyi dangdut itu ditetapkan menjadi tersangka kasus pencabulan anak.

“Baik itu orang biasa, artis, pejabat atau siapapun bila melakukan pelecehan pada anak harus dipidana karena telah melanggar hak anak,” ujar lelaki bernama panggilan Kak Seto kepada poskotanews, Jumat (19/2/2016). “Hukumannya 15 tahun penjara.”

Menurutnya, apa yang dilakukan mantan suami Dewi Perssik itu pada fans remaja pria telah melukai kepercayaan anak. “Artis-artis yang kerap muncul di televisi itu akan sering dilihat dan menjadi model bagi pemirsa, terutama anak-anak karena anak bersifat sebagai peniru idolanya,” sambungnya.

Kak Seto juga berharap Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk mengingatkan stasiun televisi yang masih menggunakan pembawa acara yang memberi contoh tak baik untuk anak. Di satu sisi, ia juga minta televisi untuk bisa mengistirahatkan sementara tokoh atau artis yang tengah bermasalah hukum dalam penayangannya.

(Baca: Saipul Jamil Stres Mikirin Kontrak Kerja )

“Mohon untuk tidak menampilkan dulu tokoh atau artis yang bermasalah hukum. Ini juga untuk pembelajaran pada anak sehingga mereka tak meniru idola yang salah,” katanya. (yp)