Tuesday, 25 September 2018

Aksi Peduli Jakarta

Massa Pawonmas Gelar Gugur Gunung

Jumat, 19 Februari 2016 — 11:19 WIB
Pawonmas

JAKARTA (Pos Kota) – Sebagian besar warga yang menghuni Jakarta merupakan perantau yang berasal dari sejumlah daerah. Kendati sebagai pendatang bukan berarti kepedulian terhadap situasi dan kondisi di Ibukota luput dari perhatian para perantau. Seperti yang ditunjukkan komunitas warga yang berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah ini.

Melalui perkumpulan orang Wonogiri di Jakarta yang tergabung dalam Paguyuban Wonogiri Manunggal Sedya (PAWONMAS), kepedulian terhadap Kota Jakarta ditunjukkan mereka melalui kegiatan sosial dan kerja bakti peduli Jakarta bersih. “Kegiatan ini kita istilahkan dengan ‘Gugur Gunung’,” kata Srimurni Mince, ketua penyelenggara Gugur Gunung.

Kegiatan tersebut dilakukan di wilayah Jakarta Barat. PAWONMAS cabang Jakarta barat sebagai penyelenggara kegiatan mengundang masyarakat setempat,yakni warga RW 12 kelurahan Kapuk,Cengkareng. Aksi bersih bersih itu sendiri diikuti  oleh beberapa organisasi pendukung seperti PANDOWO ( paguyuban mudo mudi wonogiri),dan IKARAGIL(Ikatan Perantau Gunung Kidul).

Kegiatan GUGUR GUNUNG dibuka dengan apel pagidi halaman Kantor Kelurahan Kapuk,oleh  Firmansyah yang menjabat sebagai kepala Kelurahan  Kapuk. Kemudian  peserta dan warga setempat bergerak menuju RW 12,sebagai sasaran utama kegiatan pembersihan lingkungan.Mereka bersama-sama menyisir wilayah kapuk untuk membersihkan kali,selokan,dan lingkungan tempat tinggal warga kapuk.

Ketua penyelenggara kegiatan Gugur Gunung Srimurni mince menyatakan bahwa kegiatan tersebut di canangkan guna menunjukkan kepedulian warga perantau terhadap kebersihan Jakarta.  Pawonmas berharap kegiatan gugur gunung ini dapat meningkatkan sollidaritas antar paguyuban dan perantau khususnya asal wonogiri dan sekitarnya ,serta bisa membawa kemajuan pembangunan di daerah kelahiran mereka. (yahya)