Sunday, 19 November 2017

Babak Kelima Piala FA

Tahan Imbang Arsenal, Kiper Hull City jadi Pahlawan

Sabtu, 20 Februari 2016 — 21:39 WIB
Kiper Hull City Eldin Jakupovic beberapa kali gagalkan peluang Arsenal (reuters)

Kiper Hull City Eldin Jakupovic beberapa kali gagalkan peluang Arsenal (reuters)

INGGRIS – Menjamu Hull City di Emirates Stadium, Arsenal hanya bisa bermain seri tanpa gol di babak kelima Piala FA, Sabtu (20/2) malam WIB. Rapatnya pertahanan dan permainan sempurna kiper Eldin Jakupovic membuat Gunner kesulitan menciptakan gol di pertandingan ini.

Tuan rumah mendominasi babak pertama dari menit-menit awal. Menit ke-8, sepakan kaki pertama Elneny dari luar kotak penalti diblokir oleh bek Alex Bruce dengan lengannya namun wasit Mike Dean tidak memberikan penalti.

Kiper Hull City, Eldin Jakupovic berhasil menggagalkan sundulan Danny Wellbeck di menit ke-12 dan menit ke-17 tendangan Welbeck dari sudut sempit berhasil diusir oleh kiper 31 tahun berkewarganegaraan Swiss ini.

Sesaat kemudian, tendangan lengkung Alex Iwobi melebar di sisi gawang. Jakupovic juga berhasil menahan sepakan Theo Walcott dari sudut sempit di menit ke-28.

Setelah tambahan waktu satu menit, babak pertama berakhir dan belum satupun gol tercipta.
Babak kedua Jakupovic kembali menunjukkan kemampuan terbaiknya saat mengusir sepakan Walcott yang mendapat umpan dari Kieran Gibbs di menit ke-47.

Menit ke-52, kerja sama yang baik antara Elneny dan Iwobi di luar kotak penalti mengancam gawang Hull City namun bek Bruce masih bisa membelokkan arah bola. Dua menit kemudian, kembali Jakupovic menyelamatkan gawangnya dari sepakan lengkung Joel Campbell yang menjadi eksekutor tendangan bebas di luar kotak penalti.

Menit ke-64, Jakupovic melakukan penyelamatan gemilang. Sepakan Welbeck yang mengarah ke pojok atas gawang berhasil ditepis dengan sempurna.

Hull City yang jarang melakukan serangan mendapat kesempatan melakukan serangan balik di menit ke-72. Gelandang David Meyler yang lolos dari kawalan pertahanan dan berhasil masuk ke kotak penalti mencoba mengirimkan sepakan dari sudut sempit, sayang usahanya hanya mengenai jaring gawang.

Lima menit jelang akhir waktu normal, penyerang Sone Aluko mendapat kesempatan baik untuk mencetak gol bagi Hull City. Namun hakim garis mengibarkan bendera, menyatakan Aluko dalam posisi offside. Dua menit kemudian, Aluko kembali mencoba keberuntungannya dengan tendangan voli. Kembali hakim garis menyatakan penyerang 27 tahun ini dalam posisi offside.

Di menit ke-90+2, penyelamatan gemilang Jakupovic yang berhasil mencegah Alexis Sanchez menciptakan gol.

Sepanjang pertandingan, tercatat kiper Jakupovic melakukan penyelamatan 11 kali. Berkat aksi Jakupovic, tuan rumah gagal memetik kemenangan dan dipaksa melakukan pertandingan ulang di di kandang Hull City, KC Stadium.(daus)