Sunday, 18 November 2018

Ahok:Toko Modern Tidak Gunakan Plastik Ramah Lingkungan, Didenda Rp 25 Juta

Rabu, 24 Februari 2016 — 0:44 WIB
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

JAKARTA (Pos Kota) – Toko modern di Jakarta yang tidak menyediakan plastik ramah lingkungan akan didenda maksimalnya Rp 25 juta. Sanski ini juga diberlakukan bagi toko yang menyediakan sampah plastik tak ramah lingkungan.

“Kebetulan kita punya Perda No. 3 Tahun 2013 soal pengelolaan sampah. Perda tersebut mengatur agar toko modern menggunakan kantong plastik ramah lingkungan. Jika melanggar akan dikenakan denda sebesar Rp 5 juta hingga Rp 25 juta,” ujar Gubernur Ahok saat memberikan sosialisasi kepada ratusan pengusaha ritel di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (23/2).

Jadi, untuk mendukung surat edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan soal penggunaan sampah plastik berbayar, kata Ahok, pihaknya akan menegakkan perda tersebut.

“Tujuannya agar pengusaha toko modern dan masyarakat tidak menggunakan plastik tak ramah lingkungan,” kata Ahok. Ciri plastik yang sulit terurai oleh mikroorganisme antara lain mengkilat, kenyal, dan lebih kuat dibandingkan plastik ramah lingkungan berwarna buram.

Sebelum menerapkan sanksi denda kepada pengusaha toko modern, Pemprov DKI memberikan sosialisasi kepada masyarakat sampai tiga bulan ke depan. “Saya minta Dinas Kebersihan dan BPLHD melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan kantung plastik ramah lingkungan. Masyarakat juga dibiasakan membawa kantung plastik atau tas, setiap berbelanja di toko maupun pasar,” tambahnya. (Joko)

  • LovelyOcta99

    Selamat malam bos,kami dari Sarjana poker yang aman dan terpercaya diasia.mengajak anda untuk ikut bermain permainan seperti Poker, domino,BandarQ , capsa serta AduQ.dan kami memiliki server tercanggih dan terbaru yang memungkinkan Anda hanya dengan satu ID bisa memainkan seluruh permainan yang kami sediakan untuk Anda bergabunglah bersama kami di sarjanapoker,com. dengan CS yang ramah dan berpengalaman serta serve tercanggih menjadikan situs poker kami yang terbaik di asia , ayoo….kunjungi www,sarjanapkr,com

  • bersihlingkungan

    Kenanakan denda juga pada Perusahaan yang tidak gunakan plastik kemasan ramah lingkungan.