Wednesday, 21 November 2018

Siaga Banjir, 50 Perahu Karet Disiagakan di Jakarta Utara

Jumat, 26 Februari 2016 — 17:03 WIB
banjir

JAKARTA (Pos Kota) – Sebanyak 50 perahu karet dan 130 personil disiagakan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Utara untuk membantu evakuasi warga saat terjadi banjir. Perahun dan personil ini disebar ke sejumlah lokasi yang dianggap rawan terjadi banjir.

Kasudin PKP Jakarta Utara, Satriadi Gunawan, menyiapkan 50 perahu karet dan 130 personil. Menurutnya saat ini perahu dan personil tersebut standby di Kantor Sudin PKP di Jalan Raya Pemadam Kebakaran, Semper Barat.

“Perahu karet dan personil memang sengaja kami siagakan untuk membantu mengevakuasi warga yang huniannya terendam banjir mengingat saat ini musim hujan,” ujar Satriadi, Jumat (26/2/2016).

Menurutnya, memang hingga saat ini di Jakarta Utara belum ada wilayah hunian terendam banjir yang sangat parah. Meski begitu pihaknya Kamis (25/2) sempat mengevakuasi seorang wanita yang mengalami kebutaan. Lastri, warga RT 02/10, terpaksa dievakuasi karena rumahnya kena banjir dengan ketinggian antara 60 cm hingga 70 cm.

“Saat itu korban sedang sakit, makanya setelah divekuasi langsung kami kirim ke RS Islam Sukapura untuk mendapat perawatan,” ungkapnya tentang kondisi perempuan 70 tahun itu.

Ditambahkan Kasudin wilayahnya 60 persen di bawah permukaan air laut hingga jika terjadi hujan maupun air pasang selaly terjadi tergenang dan banjir. Bahkan lokasi yang menjadi langganan banjir, itu seperti di kawasan Kali Cakung Lama dan Cakung Drain (Cilincing), Kali Sunter (Koja), Kali Angke (Penjaringan) dan sejumlah lokasi lainnya. (wandi)