Sunday, 15 September 2019

MA Tolak Kasasi Golkar Agung Laksono

Selasa, 1 Maret 2016 — 21:44 WIB
Agung Laksono - Golkar

JAKARTA (Pos Kota) –  Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan kasasi Agung Laksono, Ketua Umum DPP Golkar versi Munas Ancol.

Dengan penolakan ini, maka Munas Ancol dianggap tidak sah legalitasnya dan sebaliknya mempertegas legalitas DPP Golkar Munas Bali.

“Benar, permohonan kasasinya ditolak. Amar putusannya masih dikoreksi dan selanjutnuya diunggah ke laman MA,” kata Juru bicara MA Suhadi, di Jakarta, Selasa (1/3).

Menurut Suhadi, pembacaan putusan perkara tersebut dilakukan, Senin (29/2). Majelis hakim yang memeriksa perkara tersebut, diketuai oleh Agung I Gusti Agung Sumanatha dengan anggota Sunarto dan Mahdi Soroinda Nasution.

Permohonan kasasi Agung Laksono diajukan setelah Pengadilan Tinggi (PT) DKI memperkuat putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara,  yang menyatakan Munas Ancol tidak sah,  13 Oktober 2015. Putusan PN Jakarta Utara yang menyatakan Munas Ancol tidak sah, diambil pada 24 Juli 2015.

SK Perpanjangan

Sebelumnya, MA juga menolak kasasi dan mengabulkan permohonan kasasi Golkar Munas Bali yang menyatakan SK Kepengurusan Golkar Munas Ancol tidah sah.

Namun, Menkumham bukannya menerbitkan SK Golkar Munas Bali, yang dikomandani Abu Rizal Bakrie, tetapi justru menerbitkan SK Perpanjangan Munas Riau dengan dalih untuk Islah kedua, yang direncanakan, April 2016 diadakan Munaslub Islah. Dalam Mujas kali ini, baik Ical sapaan akrab Abu Rizal dan Agung sama-sama tidak dicalonkan dan mencalonkan diri. (ahi)