Friday, 20 September 2019

Bus Transjakarta Sampai Bogor, Walikota & Bupati Minta Dikaji Dulu

Jumat, 4 Maret 2016 — 14:52 WIB
Ilutsrasi

Ilutsrasi

BOGOR (Pos Kota) – Bus Transjakarta bakal merambah ke Bogor. Transportasi massal ini sejak sebulan terkahir terus melobi Bupati dan Walikota Bogor.

Namun, kedua pemerintahan di Bogor ini meminta pengelola Transjakarta melakukan komunikasi dulu dengan Kemnterian Perhubungan dan Otoritas Tranportasi Jabodetabek.

Walikota Bogor Bima Arya mengaku, wacana ini sudah lama digembor-gemborkan Transjakarta. “Mereka memang sudah bertemu saya untuk membahas trayek yang masuk ke Bogor, namun belum menyepakati kerjasama tersebut,” ujar Bima Arya, Jumat (4/3/2016).

Dia meminta agar Transjakarta melakukan komunikasi lebih dahulu ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Otoritas Transportasi Jabodetabek. “Ssaya minta dikaji dulu dengan tim di Bogor, mereka ingin nyambung dengan Bus Transpakuan,” katanya.

Reaksi senada dilontarkan Bupati Bogor Nurhayanti yang mengaku, rencana ini perlu dimatangkan agar bus dan angkot yang melintasi wilayah Kabupten Bogor tidak terganggu. “Teknisnya seperti apa, belum ada pembahasan lebih rinci, apalagi wilayah Kabupaten Bogor sudah dilayani Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB),” katanya.

Terpisah Direktur Perencanaan dan Pengembangan, Badan Otoritas Transportasi Jabodetabek Kemenhub, Suharto mengakui rencana masuknya Transjakarta ke Bogor. Namun, dia belum bisa memastikan nantinya jurusan terakhir yang masuk ke Bogor. “Memang perlu pengkajian lebih khusus, seperti tempat pemberhentiannya,” ujar mantan Kepala DLLAJ Kota Bogor ini.

Pihaknya bersama Ditjen Perhubungan Darat, masih mengkajinya, setelah itu akan diserahkan ke Badan Pengelola Transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (BPTJ). “Saat ini masih dalam kajian Ditjen Perhubungan Darat,” katanya Suharto.
(iwan/sir)

  • Mangap

    Butuh angkutan umum dari Bogor, Bekasi ke Jakarta saat jam berangkat kerja
    Butuh angkutan umum dari Jakarta ke Bogor, Bekasi saat jam Pulang kerja

    Diluar itu kendaraan sebaiknya kebanyakan dioperasikan di Jakarta