Saturday, 25 March 2017

Ahok: Kita Mau Maju Seperti Singapura, Tapi Tak Hilangkan Gotong Royong

Kamis, 10 Maret 2016 — 12:55 WIB
Gubernur Ahok

Gubernur Ahok

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan ingin memajukan Jakarta seperti Singapura. Namun dengan tidak meninggalkan sifat kegotongroyongan yang sudah menjadi jati diri bangsa Indonesia.

“Kita mau maju seperti Singapura, tetapi enggak mau pelayanan masyarakatnya seperti Singapura,” katanya, usai meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di RT 01/ RW 08 Kelurahan Kembangan Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (10/3/2016).

Pembangunan RPTRA sendiri, kata Ahok, merupakan salah satu upaya untuk menjaga semangat gotong royong warga Ibukota. “RPTRA ini salah satu upaya untuk tetap mempertahankan nilai-nilai gotong royong di masyarakat,” ucapnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun, papar Ahok, berencana menambah lebih dari 100 RPTRA tahun ini. Beberapa di antaranya dibangun melalui kerjasama sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/ CSR) seperti pembangunan RPTRA di Kembangan Selatan yang dibangun atas program CSR dari PT. Metropolitan Kentjana ini.

Libatkan Akademisi

Ke depan, Ahok menambahkan, Pemprov DKI Jakarta akan melibatkan pihak akademisi di antaranya dari Universitas Indonesia, Trisaksi dan Uhamka terkait pembangunan RPTRA.

“Tujuan keterlibatan kampus untuk mengetahui keinginan warga sehingga sesuai harapan dan impian warga di sekitar areal RPTRA saat difungsikan nanti. Yang penting, warga pengen seperti apa, biarkan uangnya kami yang cari,” imbuhnya.

RPTRA Kembangan Selatan dibangun di atas lahan seluas 2.304 meter persegi. Berbagai fasilitas, sarana dan prasarana seperti ruang serbaguna, perpustakaan, lapangan futsal, tempat bermain anak, PKK Mart, ruang laktasi (menyusui), hingga tempat bercocok tanam melengkapi RPTRA ini. (julian/win)