Tuesday, 16 July 2019

Andreas: Kami Sudah Bersistem Baik, Maka PDIP Menolak Ahok

Kamis, 10 Maret 2016 — 18:07 WIB
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

JAKARTA – Kalangan PDIP mengaku tidak masalah dengan tampilnya Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari jalur independen.

“Jadi, PDIP tak ada masalah dengan Ahok. jalur perseorangan dalam Pilkada itu sah-sah saja. Tapi, kalau jalur parpol, maka harus mengikuti mekanisme parpol,” kata Ketua DPP PDIP Andreas Parera, dalam Dialektika Demokrasi di DPR, Kamis (10/3).

Langkah politik Ahok tersebut diakui Andreas Parera sebagai fenomena politik. Ahok sendiri  telah melakukan banyak pendobarakan (dekonstruksi)  banyak hal termasuk birokrasi, Kalijodo, situasi dan struktur yang ada di DKI Jakarta. Itu telah menjadi succes story Ahok di Jakarta.

Mendekonstruksi tersebut kata Andreas, kalau berhadapan dengan sistem yang buruk maka akan didukung rakyat. “Tapi, kalau berhadapan dengan sistem yang sudah baik, yang sudah ada di partai, maka PDIP akan menolak,” katanya.

Sebab, hal itu akan merusak sistem politik yang ada. Karena itu, calon kepala daerah setidaknya harus memenuhi tiga syarat; yaitu dukungan sosial (elektoral), dukungan parpol agar tidak menimbulkan resistensi di tengah masyarakat, dan dukungan finansial. (win)