Friday, 16 November 2018

Ditjen Hubla Terapkan Pendaftaran Kapal Online 3 Hari

Jumat, 11 Maret 2016 — 8:50 WIB
A tug boat pulls a container ship at Tanjung Priok port in Jakarta

JAKARTA (Pos Kota) – Kabar gembira bagi pengusaha atau pemilik kapal niaga. Sebab saat ini Kementerian Perhubungan telah memberlakukan sistem pendaftaran kapal online. Dengan sistem ini maka pendaftaran kapal hanya memakan waktu paling lama tiga hari.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Umar Aris mengatakan, layanan online tersebut dilakukan guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya kepada pengguna jasa transportasi laut.

“Layanan pendaftaran kapal secara online tersebut telah diluncurkan Kementerian Perhubungan pada 3 Maret 2016,” ujar Umar Aris kepada wartawan.

Dipaparkan Umar Aris, pelayanan masih memakan waktu tiga hari dikarenakan untuk tetap menjamin keselamatan pelayaran sehingga tetap memerlukan waktu untuk memeriksa semua kelengkapan dokumen pendaftaran kapal dan melakukan pengecekan di lapangan.

Sedangkan layanan pendaftaran kapal online sendiri bisa diakses di : https://kapal.dephub.go.id. “Kita harapkan dengan sistem tersebut, seluruh stakeholder bisa memonitor secara online dalam setiap tahapan prosesnya. Di mana setiap pemohon mendapatkan notifikasi email,” tutur Umar Aris.

Selain itu, layanan pendaftaran kapal online ini juga memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat umum dan kalangan pemilik kapal tentang proses pemberian perizinan pendaftaran kapal secara cepat, mudah, akurat dan transparan.

Ditegaskannya dengan sistem online ini para pemilik kapal bisa mendaftarkan kapalnya kapan saja dan pembayaran bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun dalam waktu 24 jam.
(dwi/sir)