Sunday, 24 September 2017

Anggota Polres Pelabuhan Tanjung Priok Jalani Tes Urine

Sabtu, 12 Maret 2016 — 20:04 WIB
Anggota Polres Pelabuhan mulai pangkat Brigadir, PNS hingga perwira jalani tes urine dadakan

Anggota Polres Pelabuhan mulai pangkat Brigadir, PNS hingga perwira jalani tes urine dadakan

TANJUNG PRIOK (Pos Kota) – Perang terhadap narkoba tidak hanya dilakukan kepolisian di tengah-tengah masyarakat, tapi juga di kesatuannya. Hal tersebut dilakukan Polres Pelabuhan Tanjung Priok, dengan melakukan tes urine dadakan terhadap anggotanya.

Tes urine tersebut untuk mendeteksi anggota yang menggunakan narkotika dan obat-obat terlarang (nakoba). Hasilnya, dari total 143 anggota Polres Pelabuhan Tanjung Priok seluruhnya negatif atau bebas narkoba.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Hengki‎ Haryadi, mengatakan pihaknya berkomitmen melayani masyarakat dengan optimal dengan menjamin kinerja anggotanya tidak mengkonsumsi narkoba. “Kita lakukan tes urine ini tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu dan hasilnya seluruh anggota kami tidak ada yang menggunakan narkotika,” ujar Hengki, Sabtu (12/3).

Dikatakan, 143 anggota Polres Pelabuhan Tanjung Priok menjalani pemeriksaan mulai dari brigadir, Pegawai Negeri Sipil (PNS), maupun perwira, termasuk tiga Polsek Kawasan Muara Baru, Polsek Kawasan Sunda Kelapa, dan Polsek Kawasan Kalibaru. “Selesai apel, seluruh anggota langsung dilaksanakan pemeriksaan‎, semua mengikuti, saya, wakil, para Kabag, Kasat, dan anggota lainnya,” pungkasnya.

Pemeriksaan urine juga secara SOP sudah diawasi langsung Kasie Propam Pelabuhan Tanjung Priok yang pelaksanaan teknisnya diselenggarakan Tim Urkes Polres Pelabuhan Tanjung Priok. “Saya memang memerintahkan langsung agar dilaksanakan tes urine mendadak terhadap seluruh personel. Ini bentuk komitmen kami memberantas narkoba dimulai dari institusi kami baru melakukan pembersihan narkoba di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Priok,” tegas Hengki.

Menurutnya, pemberantasan narkotika tidak akan pernah berhasil apabila anggota polisi yang melakukan pemberantasan justru menggunakan narko‎ba. “Kegiatan dadakan seperti ini akan terus kami lakukan di waktu-waktu ke depan untuk mencegah ada anggota yang menggunakan narkoba,” tukasnya. (ilham)