Wednesday, 14 November 2018

Kaki-5 Kebayoran Lama Bakal Pindah ke Cipulir

Minggu, 13 Maret 2016 — 20:44 WIB
Kaki-5 di sepanjang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. (dok.)

Kaki-5 di sepanjang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. (dok.)

JAKARTA (Pos Kota) – Ribuan pedagang Kaki-5 yang selama ini membuat kesemrawutan di kawasan Pasar Kebayoran Lama, segera ditampung di Lenggang Jakarta di RT 01/02 Kelurahan Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

“Pemilik bersedia menjual lahannya seluas 8.000 meter persegi kepada Pemprov DKI Jakarta,” kata Kepala Kantor Perencanaan Pembangunan Kota (Kapenko) Jakarta Selatan, Hidayat Budiawan, Minggu (13/3/2016).

Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta yang akan membebaskan lahan tersebut. Sedangkan pemanfaatan lahan digarap Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta untuk peruntukkan Lenggang Jakarta. Namun di lokasi itu, lanjut Hidayat, rencananya dibangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dengan luas sekitar 3.000 M2.

“Kami berharap pembebasan lahan dapat dipercepat agar pembangunan proyek Lenggang Jakarta dan RPTRA segera dibangun tahun ini dan ribuan pedagang kaki-5 dapat menempati lahan baru yang lebih tertata,” ungkapnya.

Kalangan pedagang kaki-5 merespon positif dibangunnya Lenggang Jakarta asalkan strategis, sebagai wadah berjualan karena sudah bosan diuber-uber Satpol PP. Bahkan acap kali mereka menjadi sapi perahan ormas ataupun oknum.

“Kami berharap pemilihan lokasi untuk Lenggang Jakarta dapat tepat dan strategis sehingga pembelinya ramai agar usaha kami bisa bertahan,” harap Jaenudin, pedagang. (rachmi)