Saturday, 17 November 2018

Kostrad Latihan Bersama AD India

Rabu, 16 Maret 2016 — 10:17 WIB
Kostrad Latihan Bersama AD India

MAGELANG (Pos Kota) – Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) dan Indian Army melaksanakan Latihan Bersama (Latma), dengan nama latihan “Execise Garuda Shakti-IV/2016”, yang dibuka oleh Asisten Operasi Divisi Infanteri 2/Kostrad, Kolonel Inf Aminton Manurung.

Kegiatan yang berlangsung 13 hari tersebut dibuka Jumat (11/3) di gedung AH Nasution Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah dan berakhir Rabu (23/3) mendatang.

Dalam sambutan Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad Mayjen TNI Ganip Warsito, yang dibacakan oleh Asisten Operasi Divisi Infanteri 2/Kostrad, Kolonel Inf Aminton Manurung, dikatakan Latihan Bersama ini merupakan Latihan Bersama antara 2 negara dan merupakan wujud kerjasama internasional, dilaksanakan setiap tahun secara bergantian, bertujuan untuk menjalin dan meningkatkan hubungan kerjasama antara TNI-AD dengan Indian Army serta meningkatkan profesionalitas keprajuritan

Adapun materi Latma Execise Garuda Shakti-IV ini meliputi patroli keamanan, patroli penyergapan, mengesan jejak (sanjak), survival, serta menembak tepat dan reaksi. Lokasi latihannya dipusatkan di lapangan tembak Akademi Militer (Akmil) Plempungan, Magelang. Tapi, tentu saja tak semua kegiatan diisi dengan kegiatan latihan. Sebab, ada pula wisata budaya dan olahraga bersama. Sedangkan personel yang dilibatkan dalam latihan bersama bersandi Garuda Sakti IV itu diikuti dari Divisi Infanteri 2/Kostrad yang dipimpin Letkol Inf Robby Suryadi, Sedangkan dari pihak tentara India dipimpin Mayor Balhans Gufta.

Pangdivif 2 Kostrad mengatakan, melalui latihan bersama Execise Garuda Shakti-IV, prajurit kedua negara dapat mengembangkan kemampuan taktik yang dimiliki, dihadapkan dengan medan yang sebenarnya, sehingga dapat menunjang pencapaian keberhasilan latihan bersama Execise Garuda Shakti-IV TA. 2016.

Pangdivif 2 Kostrad berharap peserta latihan dapat meningkatkan persahabatan dan kerja sama serta meningkatkan profesionalitas keprajuritan sehingga tujuan latihan dapat tercapai secara optimal. Disamping itu, Pangdivif 2 kostrad juga berharap seluruh kegiatan Latihan Bersama dapat berjalan sesuai dengan sasaran yang dikehendaki, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh para Prajurit, satuan dan Angkatan Darat kedua negara.

Kapen Kostrad
Letnan Kolonel Inf Heru Dwi Wahana