Wednesday, 20 September 2017

Jaksa Agung Pastikan Eksekusi Mati Tetap Dilakukan

Jumat, 18 Maret 2016 — 19:59 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Jaksa Agung HM Prasetyo memastikan eksekusi terpidana mati dilakukan, namun belum ditentukan waktunya.

“Saya tidak pernah mengatakan eksekusi mati tidak akan dilanjutkan. Hanya tunggu waktu saja,” kata Prasetyo menjawab pertanyaan wartawan, di Kejaksaan Agung, Jumat (18/3).

Bahwa eksekusi terpidana mati perkara belum dilakukan sekarang, Prasetyo beralasan karena tengah musim hujan. “Musim agak sulit.”

HUKUM POSITIF

Prasetyo menepis lambannya eksekusi terpidana mati, bukan karena tekanan internasional ataupun karena persoalan ekonomi bilateral dan multi lateral.

“Tidak ada itu kan penegakan hukum kita. Kita akan tegakkan hukum di negara sendiri dan hukum positif Indonesia masih memberlakukan hukuman mati,” jelasnya.

Lambannya hukuman terpidan mati perkara narkoba sempat dikritisi oleh pengamat dan bahkan Badan Nasional Narkotika (BNN) menyuarakan eksekusi mati perkara narkoba.

Apalagi terakhir peredaran narkoba makin marak, teakhir memakan korban Bupati Ogan Ilir, yang digerebek di kediamannya, di Palembang. Dari catatan BNN sekitar 30 sampai 50 orang setiap hari mati. (ahi)