Saturday, 20 October 2018

Kapal Nelayan Terbalik 12 ABK Diselamatkan Satu Lagi Dicari

Jumat, 18 Maret 2016 — 20:25 WIB
Suasana evakuasi ABK KM Muara Jaya

Suasana evakuasi ABK KM Muara Jaya

KALIMANTAN- Tim seach and rescue (SAR) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak bersama Polair Polda Kalimantan Barat dan KPLP Pontianak, Basarnas Provinsi Kalimantan Barat mengevakuasi KM. Muara Jaya yang terbalik di perairan Muara Jungkat, Kalimantan Barat, Jumat (18/3).

Tim SAR Gabungan menyelamatkan 12 orang anak buah kapal (ABK) dan 1 orang ABK yang diketahui bernama Wawan alias Soleh (22) belum ditemukan dan masih terus dicari.

Menurut Danlantamal XII Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) M. Hari, Tim SAR Lantamal XII tersebut dipimpin Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Andi Rukman dengan mengerahkan unsur-unsur antara lain, KAL Sambas, Swam Boat, Sea Raider, Sekoci serta speed boat dengan personil medis dan penyelam.

Adapun kronologis kapal tenggelam berawal saat Kapal Motor (KM) Muara Jaya yang dinahkodai Tikno (41), berbobot 32 GT, jenis kapal ikan, berangkat dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Nipah Kuning Pontianak menuju ke laut mengalami ketidakseimbangan dengan posisi kapal miring ke arah kanan.

Selanjutnya KM. Muara Jaya mendapatkan pertolongan dari Tug Boat (TB) Samudra Sindo 11 yang berada tidak jauh dari lokasi kejadian. Namun kondisi arus sungai yang sangat deras sehingga mengakibatkan KM. Muara Jaya tidak mampu diselamatkan sehingga akhirnya terbalik yang diperkirakan tiang kapal menacap ke dasar sungai Kapuas. (B)