Monday, 22 October 2018

Masih Ada 30 Persen Pejabat Eselon 1 Belum Serahkan LHKPN

Sabtu, 19 Maret 2016 — 10:34 WIB
Menpan dan RB, Yuddy Chrisnandi/ist

Menpan dan RB, Yuddy Chrisnandi/ist

JAKARTA – Menpan dan RB, Yuddy Chrisnandi menyatakan, seluruh Menteri di Kabinet Kerja telah menyerahkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara).

Namun, diakui Menteri Yuddy, masih terdapat sekitar 30 persen dari 400 pejabat eksekutif di tingkat eselon 1 yang belum menyerahkan LHKPN.

Hal itu disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB), Yuddy Chrisnandi saat bertemu dengan Wakil Ketua KPK Alex Marwata, di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (15/3).

“30 persen dari kurang lebih 400 pejabat eksekutif tingkat eselon 1 kira-kira 120 orang (yang belum melaporkan). Untuk itu kami akan memaksa mereka segera melaksanakan kewajibannya,” seru Yuddy.

Yuddy dan pihaknya juga akan mengeluarkan surat atau peraturan bersama yang dapat menerapkan sanksi terhadap pejabat yang tidak menyerahkan LHKPN. Adapun sanksinya tidak hanya berupa administratif, tapi juga penundaan kenaikan pangkat, promosi atau berkaitan dengan tunjangan kinerjanya.

“Ini bagian dari komitmen pemerintah bersama KPK untuk bebas dan bersih dari korupsi, kita akan koordinasi dan bantu KPK,” tegasnya. (junius/win)