Tuesday, 20 November 2018

Mantan Prajurit Denjaka Jabat Kadispenal

Senin, 21 Maret 2016 — 15:31 WIB
Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E. M.A.P. mengucapkan selamat kepada pejabat baru Kadispenal Kolonel Laut (P) Edi Sucipto, S.E. (dispenal)

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E. M.A.P. mengucapkan selamat kepada pejabat baru Kadispenal Kolonel Laut (P) Edi Sucipto, S.E. (dispenal)

JAKARTA (Pos Kota) – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., melantik Kolonel Laut (P) Edi Sucipto, S.E., sebagai pejabat baru Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) menggantikan pejabat sebelumnya Laksamana Pertama TNI M. Zainudin, S.H., M.M.

Upacara serah terima jabatan (sertijab) berlangsung di Gedung Utama Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (21/3).

Bersamaan dengan itu dilaksanakan pula sertijab Kepala Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Kadiswatpersal) dari Laksamana Pertama TNI Teguh Widodo, M.Si (Han) kepada Laksamana Pertama TNI Ir. Ade Sumadi, M.A.P.

Pejabat baru Kadispenal Kolonel Laut (P) Edi Sucipto, S.E. adalah mantan prajurit pasukan khusus antiteror Detasemen Jalamangkara (Denjaka). Lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan-34 tahun 1988 ini pernah menjabat sebagai Komandan Tim-A Denjaka, Pasops Denjaka, Pasintel dan Pasmin Denjaka. Sebelum bergabung di satuan Denjaka, ia dibesarkan di lingkungan Komando Pasukan Katak (Kopaska) Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar).

Perwira yang menerima promosi pangkat bintang satu ini juga pernah menjabat sebagai Komandan kapal perang (KRI) pada tiga kapal, yakni Komandan KRI Teluk Sibolga-536, KRI Cut Nyak Dien-375, KRI Pandrong-801, dan KRI Silas Papare-386. Selain itu pernah pula menjabat sebagai Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon, Komandan Lanal Bangka, Atase Angkatan Laut RI di Kuala Lumpur Malaysia serta jabatan terakhir sebagai Paban VI Taswilnas Ster Panglima TNI.

Sementara itu Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., dalam amanatnya mengatakan, tantangan tugas yang sangat dinamis dan semakin kompleks harus dapat dijawab melalui peningkatan kinerja dan kualitas organisasi. Peran Dispenal sangat penting dalam melaksanakan publikasi dan sosialisasi berbagai kegiatan TNI Angkatan Laut serta kebijakan pemimpin kepada personel TNI Angkatan Laut maupun masyarakat umum. Muara dari tugas Dispenal tersebut adalah untuk mewujudkan citra positif TNI Angkatan Laut di tengah masyarakat,” kata Kasal.

“Untuk itu, tingkatkan kinerja secara terarah, terukur dan bertanggung jawab, serta adaptif terhadap perkembangan situasi terkini,” tegasnya.

Menurut Kasal, berbagai bentuk publikasi yang dihasilkan baik berupa media cetak maupun media elektronika, dapat menjadi referensi yang kredibel dan terpercaya, serta mampu menjadi media edukasi dalam memasyarakatkan budaya maritim Bangsa Indonesia. “Oleh karena itu jajaran Dispenal harus bergerak cepat, karena saat ini siapa yang paling cepat menyampaikan berita, dialah yang akan mengarahkan opini masyarakat,” kata Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P.

Sebelum sertijab telah dilaksanakan pembacaan memorandum serah terima jabatan Kadispenal mencakup berbagai tugas dan program kerja yang telah, sedang dan yang akan dilaksanakan Dispenal ke depan oleh Laksamana Pertama TNI M. Zainudin, S.H. M.M., kepada Kolonel Laut (P) Edi Sucipto, S.E. yang dihadiri para Perwira Dispenal serta para Kadispen Kotama TNI AL di jajaran wilayah Jakarta, bertempat di ruang rapat Dispenal, gedung B-4, lantai-1, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur kepada Ny. Edi Sucipto.

Turut hadir dalam upacara sertibat tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Arie H. Sembiring, Irjenal, Koorsahli, Kasal, para Asisten Kasal, serta para Kepala Dinas di lingkungan Mabesal TNI AL, undangan lainnya.

a.n. Kepala Dispenal
Kasubdispenum
Suradi Agung Slamet, S.Sos.,S.T.
Kolonel Laut (P)