Monday, 20 May 2019

Masuk Jalan Tol Naik Motor, Pemuda Tewas Dihajar Mobil

Senin, 21 Maret 2016 — 18:03 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Mengendarai motor, seorang pemuda menerobos Tol Wiyoto Wiyono, Jakarta Utara. Ia tewas dihajar mobil saat akan memutar di pintu keluar tol Pelabuhan Sunda Kelapa.

Septhian, pemuda 20 tahun, tewas setelah tubuhnya terpental lalu menghantam badan jalan. Kecelakaan ini terjadi pada Minggu (20/3/2016).

“‎Jadi pengendara motor ini nekat menerobos kolong tol, entah dengan alasan apa. Ia masuk dari gerbang Tol Kemayoran, melaju dengan kecepatan tinggi dari Ancol menuju Bandara. Dia sudah diteriaki petugas di pintu tol, tapi dia malah meledek petugas,” kata ‎Kanit Laka Lantas Wilayah Jakarta Utara, AKP Sigit Purwanto, Senin (21/3).

Sigit mengatakan kecelakaan tersebut terjadi, sekitar pukul 23.00. Septhian tak mengindahkan teriakan petugas yang melarangnya masuk jalan bebas hambatan itu.

Di pintu keluar tol di atas Pelabuhan Sunda Kelapa (KM 21.600), Septhian berupaya memutar mengarah Tanjung Priok (Timur). Ia melaju di posisi lajur tiga yang merupakan lajur paling kanan dan tempat kendaraan melaju ‎dan mendahului kendaraan lain.

“Saat ia berupaya untuk memutar, muncul mobil Mobilio yang melaju dari arah berlawanan. Ia ditabrak dan langsung tewas dengan kondisi tubuh bagian tulang remuk,” ujar Sigit.

Sedangkan pengendara mobil yang menabrak korban diketahui bernama Johan (41). “Sepeda motor korban yang nyaris tidak berbentuk kita bawa ke Markas Satlantas Wilayah Jakarta Utara, Sedangkan pengendara mobil sudah dimintai keterangan kronologis dan identitasnya,” tukasnya.

Menurutnya, usai diperiksa pengendara mobil diperbolehkan pulang lantaran dalam kecelakaan itu ia sebagai korban karena pengendara motor masuk di jalur tol yang terlarang bagi sepeda motor. “Disini pengendara mobil yang jadi korban, yang salah itu pengendara motor masuk ke tol meski sudah diteriaki petugas,” tukasnya. (ilham/yp)