Wednesday, 14 November 2018

Jasa Marga Antisipasi Macet Tol Jelang Libur Panjang

Selasa, 22 Maret 2016 — 9:49 WIB

JAKARTA (Pos Kota)-Selama libur Paskah 2016 PT Jasa Marga memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah kendaraan dari tanggal 24 Maret 2015 sampai 27 Maret 2016 di beberapa gerbang tol (GT).

Peningkatan arus lalu lintas yang sangat terasa akan terjadi antara lain di GT Ciawi, GT Cibubur, dan Cikarang Utama (entrance) arah Cikampek.

“Jumlah kendaraan yang akan melintas di Gerbang Tol Cikarang Utama arah Cikampek pada puncak arus mudik Libur Paskah (24 Maret 2016) diperkirakan naik sekitar 22,88 persen dibanding hari biasa,” kata Direktur Operasi PT Jasa Marga Christantio Prihambodo.

Menurut dia, pada hari biasa rata-rata kendaraan yang melintas di GT Cikarang Utama sekitar 80.621 per hari. Namun pada puncak libur Paskah diperkirakan lalu lintas diperkirakan mencapai 99.064 kendaraan.

Gerbang tol lain yang juga mengalami peningkatan volume lalu lintas yang cukup signifikan adalah GT Cibubur Utama dan GT Ciawi dimana di kedua GT tersebut kepadatan diakibatkan banyaknya pengguna jalan yang akan liburan ke Puncak. Pada puncak arus lalu lintas terjadi peningkatan sekitar 40,04 persen di GT Cibubur Utama dibanding hari biasa. Sedangkan pada GT Ciawi terjadi peningkatan volume lalin sekitar 19,19 persen.

Mengantisipasi kondisi tersebut Jasa Marga melakukan upaya antara lain penempatan petugas jemput bola pada saat antrean panjang, buka tutup pada rest area, pengalihan arus lalu lintas, dan pemberlakuan kontra flow jika lalu lintas sangat padat, serta melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian.

Jasa Marga mengimbau agar pengguna jalan mengisi bahan bakar secukupnya saat akan memasuki tol. Ini untuk antisipasi jika rest area diberlakukan buka tutup akibat sudah penuh.

(faisal/sir)