Thursday, 22 August 2019

Jual Makanan Berformalin, PD Pasar Jaya Ancam Tindak Tegas Pedagang

Selasa, 22 Maret 2016 — 7:13 WIB
Kasudin KPKP Jakpus, M.Mulyadi sidak sejumlah produk pangan di berbagai pasar tradisional. (deny)

Kasudin KPKP Jakpus, M.Mulyadi sidak sejumlah produk pangan di berbagai pasar tradisional. (deny)

MATRAMAN (Pos Kota) – Pedagang nakal di bawah PD Pasar Jaya bakal dikenai sanksi tegas. Bahkan, jika pedagang nekat maka PD Pasar Jaya mengancam bakal mencabut ijin tempat usaha.

Hal ini disampaikan terkait upaya penataan dan upaya menciptakan Pasar Tradisional yang sehat. Jika pedagang nekat menjual barang mengandung zat berbahaya seperti boraks, formalin dan rodhamin, maka sanksi tegas akan dikenakan.

“Ini dalam rangka memberi keamanan bagi masyarakat, khususnya konsumen PD Pasar Jaya agar mendapat jaminan barang yang dibeli tidak mengandung zat berbahaya,” kata Gatra Vaganza, Humas PD Pasar Jaya,
Senin (21/3).

Disebutkan, langkah tegas diambil jika masih diketemukan pedagang nakal. Hal ini, kata Gatra guna memberi efek jera bagi para pedagang nakal.

“Selain membuat pernyataan, seluruh barang dagangannya juga akan dimusnahkan,” katanya.

Asisten Manager Sub Bidang TU dan PIP ini juga menyebutkan jika nantinya pedagang tetap mengabaikan surat penyataan tersebut. Maka, pihak PD Pasar Jaya akan mengambil sikap tegas dengan mencabut ijin tempat usaha.

Gatra menyebutkan saat ini PD Pasar Jaya tengah gencar menciptakan Pasar Tradisonal yang sehat bebas dari penggunaan bahan pangan mengandung zat bahaya. Langkah ini dilakukan bersama dengan BPOM.

Diberitakan sebelumnya, penggunaan zat berbahaya masih banyak dijumpai di Pasar di bawah naungan PD Pasar Jaya. Hal itu terkuak saat Dinas Kelautan dan Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta melakukan sidak di beberapa lokasi pasar. (chotim)