Saturday, 25 November 2017

Kapolri: Kasus Zaskia Gotik Tetap Diproses

Selasa, 22 Maret 2016 — 5:11 WIB
Zaskia Gotik

Zaskia Gotik

JAKARTA (Pos Kota) – Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menegaskan kasus dugaan penghinaan lambang negara yang dilakukan Zaskia Gotik tetap diproses kepolisian. Pasalnya, terkait penghinaan lambang negara sudah ada ancaman pidananya.

“Tapi kan apakah yang dilakukan Zaskia Gotik memenuhi unsur pidana itu? Untuk melihat unsur pidana tentu akan kita proses lebih lanjut,” ujar Badrodin di Mabes Polri, Jakarta, kemarin.

Kasus ini ditangani Polda Metro Jaya dengan memanggil saksi pembawa acara musik ‘Dahsyat’ yakni Julia Perez (Jupe), Deny Cagur, dan Ayu Ting Ting. “Kalau memang ada pelanggaran hukum, kita akan lakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” kata Badrodin.

DITEGUR SAJA

Desakan agar Zaskia Gotik diproses secara hukum, karena dinilai melecehkan lambang negara, tak sepenuhnya didukung oleh lapisan masyarakat. “Ya harusnya ditegur saja, kalau kita merasa itu suatu pelanggaran,” tutur Basuki Tjahja Purnama, Gubernur DKI Jakarta, kemarin.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok ini, apa yang dilakukan Zaskia masih dalam batas kewajaran dan bukan sesuatu yang harus dibesar-besarkan.

Hal senada juga diungkapkan Hizrah Bacan. Ia menganggap Zaskia hanyalah sebagai korban. “Kenapa saya sebut begitu, karena Zaskia adalah korban dari hilangnya upaya pemahaman terhadap pedoman dan penghayatan asas negara,” ujar penyanyi dangdut itu.

Menurutnya, Zaskia tak perlu diproses secara hukum. Justru seharusnya dirangkul dan dibina. “Zaskia enggak ada niat begitu, dia orangnya polos. Dia anak bangsa juga, harusnya dibina,” ucapnya. (mia)