Saturday, 25 November 2017

Prancis Tekuk Tuan Rumah Belanda 3-2

Sabtu, 26 Maret 2016 — 7:06 WIB
Matuidi dan Martial rayakan kemenangan Prancis 3-2 atas Belanda (reuters)

Matuidi dan Martial rayakan kemenangan Prancis 3-2 atas Belanda (reuters)

BELANDA- Laga seru tersaji ketika Belanda menjamu Prancis pada pertandingan persahabatan di Amsterdam Arena, Amsterdam, Belanda, Sabtu (26/3) dinihari. Sempat imbang 2-2 hingga menit ke 86, namun akhirnya Prancis menang berkat gol Matuidi pada menit ke-88.

Meski jadi tim tamu, Prancis unggul lebih dulu pada menit keenam lewat A. Griezmann dan lewat gol Giroud pada menit ke-13. Hingga babak pertama usai Prancis unggul 2-0. Namun baru dua menit berjalan babak kedua, Belanda memperkecil kedudukan jadi 1-2 lewat de Jong. Empat menit jelang waktu normal Belanda menyamakan kedudukan lewat Afellay tepatnya pada menit ke-86. Apes bagi Belanda dua menit kemudian Matuidi membuat Prancis menang 3-2. Seru!

Gol Antoine Griezmann pada menit keenam tercipta lewat skema bola mati. Pemain Atletico Madrid itu mengambil tendangan bebas dan bola mengarah ke pojok atas gawang, tak mampu dijangkau Cilessen.

Tujuh menit kemudia giliran Olivier Giroud yang menggandakan keunggulan Prancis. Striker Arsenal ini menerima sepakan pojok Matuidi yang kemudian diteruskan dengan sepakan dari jarak dekat.

Setelah kedua gol itu tercipta membuat Belanda menambah tekanan. Namun hingga babak pertama usai kedudukan tetap 2-0.

Hanya saja memasuki babak kedua, Belanda langsung bereaksi. Luuk de Jong memperkecil kedudukan untuk tuan rumah. Depay melepas tendangan bebasnya yang menawan, dan ada de Jong yang menerimanya dan dari sepakan dari jarak dekat mampu menembus jala Prancis.

Depaiy memang menjadi pemain pembeda untuk Belanda. Ia beberapa kali menyulitkan pertahanan Prancis .

Seperti gol Ibrahim Afellay pada menit ke-86. Lagi-lagi, Depay memberi pengaruh dengan mengkreasi peluang yang bisa dimaksimalkan Afellay menjadi gol. Belanda 2-2 Prancis sepertinya akan berakhir imbang.

Jika di Belanda ada Depay, maka di Prancis justru Matuidi yang jadi pembeda. Martial memberi umpan untuk Matuidi dan pemain bernomor 14 itu melepaskan sepakan. Bola melewati kedua kaki Cilessen. Belanda 2-3 Prancis.

Tak lama kemudian wasit F. Zwayer meniup pluit panjang dan Prancis tuan rumah Piala Eropa 2016 ini memperoleh hasil positif dari Amsterdam. (B)