Tuesday, 25 September 2018

Malam Ini, Puncak Arus Balik Libur Paskah

Minggu, 27 Maret 2016 — 19:43 WIB
Arus balik dari Puncak menuju Jakarta. (PNJ-45)

Arus balik dari Puncak menuju Jakarta. (PNJ-45)

JAKARTA (Pos Kota) – Puncak arus balik liburan panjang peringati hari Paskah 2016 terjadi pada Minggu malam (27/3/2016). Sejak sore hari terpantau kendaraan yang dari arah Puncak menuju Jakarta di gerbang masuk Tol Ciawi, Kabupaten Bogor,  terjadi penumpukan kendaraan.
Ribuan kendaraan roda empat  mengarah Jakarta nampak mengular panjang hingga mencapai 2 kilometer sebelum gerbang Tol Ciawi sejak pukul 14.00 WIB.
Meningkatnya volume kendaraan di gerbang Tol Ciawi terjadi pasca Satlantas Polres Bogor memperioritaskan arus balik dengan memberlakukan sistem satu arah dari Puncak menuju Jakarta pukul 13:00 hingga pukul 19:00 dan bersifat situasional. Kepadatan  terus mengalami peningkatan hingga  Minggu malam  mengingat hari ini merupakan hari terakhir libur panjang perayaan Paskah yang dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur di kawasan Puncak, Cianjur, Bandung dan sekitarnya.
Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan untuk mengantisipasi kepadatan lalulintas, pihaknya memberlakukan pengaturan lalulintas sesuai dengan perkembangan situasi di lapangan khususnya memberlakukan sistem jemput bola bila terjadi antrean yang memanjang di gerbang tol.
Apabila terjadi antrean di gerbang  tol sepanjang 5 km akan diberlakukan jemput bola pembagian tiket pada gerbang-gerbang tol dan memberlakukan sistem contra flow dan sistem buka tutup jalan pada pintu masuk atau pintu keluar  tol.
PELABUHAN MERAK
 Arus balik libur panjang pada akhir pekan ini di Pelabuhan Merak, Banten, terpantau lancar. Tidak ada penumpukan dan kepadatan penumpang yang menggunakan kendaraan pribadi maupun yang berjalan kaki.Kondisi enam dermaga Pelabuhan Merak berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan kendaraan pribadi dibanding sehari sebelumnya.
Arus balik penumpang dan kendaraan pribadi yang merayakan liburan panjang Paskah 2016 di Pulau Sumatra kini mereka kembali ke Jakarta. “Alhamdulillah setelah kami kami bekerja keras untuk kelancaran arus lalu lintas sehingga tidak terjadi antrean kendaraan,” kata Kepala Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetama.
Selama liburan, kata dia, ASDP Merak mengoperasikan kapal Ro-Ro sebanyak 27 armada dengan perjalanan pulang pergi sekitar 99 trip. Seluruh penumpang maupun kendaraan yang tiba di pelabuhan bisa langsung diseberangkan menuju Pulau Sumatra tanpa harus antri atau berdesakan.
Kepala Devisi (Kadiv) Hukum dan Humas PT Marga Mandalasakti (MMS) Indah Permanasari mengatakan arus balik liburan Paskah kendaraan arus balik Tol Tangerang-Merak terjadi kenaikan 11 persen atau 118.000 unit dibandingkan hari biasa 114.000 unit. Peningkatan kendaraan dari Sumatera maupun objek wisata yang ada di Banten itu berdasarkan trafik yang terjadi pada setiap liburan panjang. (dwi/yh)