Saturday, 22 September 2018

Pemilik dan Sopir Ditangkap

Polisi Amankan 120 Karung Lumpur Emas Pongkor

Minggu, 27 Maret 2016 — 10:38 WIB
Truk bermuatan lumpur butiran emas diamankan di Mapolsek Nanggung/Iwan

Truk bermuatan lumpur butiran emas diamankan di Mapolsek Nanggung/Iwan

BOGOR (Pos Kota) – Meski sudah dilarang segala aktivias penambangan emas liar di sekitar Gunung Pongkor, tak menyurutkan orang mencari emas. Sabtu malam (26/3/2016), satu truk bemuatan 120 karung lumpur butiran emas diamankan polisi saat melintas di Jalan  Pasir Gintung, Kecamatang Nangung.

Truk Colt Diesel B 9706 RJ berisi 120 karung lumpur emas yang siap diolah diamankan di Mapolsek Nanggung bersama pengemudinya IR,42, warga Kampung Kantalarang, Kecamatan Rumpin. Sedangkan Hr,34, pemilik ratusan karung lumpur butiran emas ditangkap di rumahnya di Kampung Lio, Kecamatan Leuwisadeng.

“Kita amankan truk itu setelah dapat informasi dari warga sebuah truk berisi lumpuran butiran emas yang melintas di Jl. Pasir Gintung yang diduga mengandung butiran emas hasil galian para gurandil (sebutan pencari emas liar) di sekitar Gunung Pongkor,” katanya.

Tanpa buang waktu polisi lalu melakukan penghadangan. Tanpa banyak kesulitan pengemudi truk ini mengakui muatannya mengandung lumpur butiran emas. “Setelah diintrogasi pengemudinya mengaku atas suruan Hr yang kemudian kita tangkap, sedangkan lumpur butiran emas dibeli dari bos gurandil berinisl HN,” jelas Kapolsek.

Bos gunardil itu, hingga kini masih diburu polsi. “Kita sudah datangi rumahnya di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, tapi rumahnya kosong,” tukas Kapolsek seraya menyebutkan segala bentuk aktivitas penambangan emas liar di kawasan Gunung Pongkor sudah dilarang.

(iwan/sir)