Saturday, 22 July 2017

Warga Serbu Pengobatan Gratis Polres Pelabuhan Tanjung Priok

Selasa, 29 Maret 2016 — 14:22 WIB
Waka Polda Metro Jaya, Brigjen Nandang Jumantara didampingi Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Hengki Haryadi dan Kapolres Pulau Seribu AKBP Jhon Weynart Hutagalung usai memberikan paket sembako dan peralatan sekolah kepada orangtua dan anak-anak. (ilham)

Waka Polda Metro Jaya, Brigjen Nandang Jumantara didampingi Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Hengki Haryadi dan Kapolres Pulau Seribu AKBP Jhon Weynart Hutagalung usai memberikan paket sembako dan peralatan sekolah kepada orangtua dan anak-anak. (ilham)

JAKARTA (Pos Kota) – Ratusan warga tidak mampu di Jakarta Utara menyerbu pelayanan kesehatan untuk mendapatkan layanan pengobatan gratas bakti sosial Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Polres Kepulauan Seribu dan Polda Metro Jaya, Selasa (29/3).

‎Waka Polda Metro Jaya, Brigjen Nandang Jumantara, mengatakan pemberian layanan kesehatan merupakan wujud kepedulian institusi kepolisian terhadap kesejahteraan masyarakat khususnya dari mereka yang tidak mampu.

“Sebenarnya kalau kita lihat memang dengan kondisi ekonomi saat ini, kebanyakan tindakan kriminalitas yang ‎dilakukan oleh pelaku kejahatan itu didorong faktor ekonomi, pelaku biasanya terpaksa atau nekat melakukan tindak kejahatan karena terdesak kebutuhan ekonomi,” ujar Nandang.

Dikatakannya untuk menekan tindakan kriminalitas selain melakukan operasi cipta kondisi untuk menekan angka curat dan curas yang biasa terjadi di daerah permukiman padat penduduk, polisi juga melakukan tindakan bantuan sosial untuk mengurangi efek berantai kesenjangan sosial.

“Kami harap masyarakat yang menerima bantuan pengobatan dan fasilitas medis lainnya‎ bisa semakin teringankan bebannya, ‎serta bisa mendorong institusi lain melakukan hal yang serupa untuk menekan angka kejahatan,” tandasnya.

‎Ia juga mengucapkan terima kasih kepada PT Jamu dan Farmasi Sido Muncul, PT Indonesia Power, dan PT Pelindo II yang turut mendukung terselenggaranya acara bakti sosial Polres Pelabuhan Tanjung Priok dan Polda Metro Jaya itu.

‎Sementara itu, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Hengki Haryadi, mengaku 300 warga dari keluarga tidak mampu mendapat pengobatan merupakan warga disekitar pelabuhan Tanjung Priok, kawasan Kalibaru, Sunda Kelapa, dan Muara Baru.

“Bentuk layanan kesehatan yang kita berikan hari ini ada berupa pemberian layanan operasi katarak, sunatan massal, pengecekan tensi darah, dan pemberian obat generik bagi warga yang mengeluhkan gejala penyakit tertentu,” kata Hengki.

Selain itu, juga memberikan 25 bingkisan tas dan alat tulis bagi anak-anak peserta sunatan massal. “Tujuan kita memang untuk mendekatkan diri dengan masyarakat sekitar. Bila kita menunjukkan kepedulian, tentu mereka juga tidak ragu untuk menjaga keamanan lingkungan serta melaporkan bila terjadi tindak kejahatan,” tambah Hengki.

Dalam acara Bakti Kesehatan dan Bakti Sosial Polda Metro Jaya, total ada 300 warga dari keluarga tidak mampu yang mendapatkan layanan kesehatan, terdiri dari 200 orang pengobatan umum, 75 orang operasi katarak, dan 25 anak-anak sunatan massal.

“Kami juga meminta pelaku usaha untuk terus berkomitmen memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, karena dengan kita membantu sesama kita maka kondisi akan kondusif,” tutupnya.

(ilham/sir)