Saturday, 20 July 2019

Warga Keluhkan Tumpukan Sampah di Pinggir Anak Kali Angke

Rabu, 30 Maret 2016 — 8:23 WIB
Tumpukan sampah buangan di pinggir anak Kali Angke yang dikeluhkan warga Kecamatan Setu. (anton)

Tumpukan sampah buangan di pinggir anak Kali Angke yang dikeluhkan warga Kecamatan Setu. (anton)

TANGERANG (Pos Kota) – Warga yang bermukim di pinggir anak Kali Angke minta Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) menutup lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) yang ada di belakang perumahan Permata Pamulang, Kecamatan Setu.

Pasalnya, tumpukan sampah buangan yang menggunung tersebut belakangan luber ke anak kali tersebut.

“Kami khawatir saat hujan sampah buangan warga yang sudah menggunung tersebut bakal menutup anak Kali Angke sehingga bakal membuat banjir akibat aliran air tak lancar,” keluh Ny. Junaidi, warga Setu.

Tumpukan sampah buangan warga yang dibuang di belakang perumahan Permata Pamulang (PP) tentunya sangat mengkhawatirkan bila tak ditangani secepatnya. Pasalnya, sebagian sampah kini semakin mempersempit lebar anak kali yang ada.

Menurut dia, bila dibiarkan terus menerus dikhawatirkan sampah bisa menutup anak kali terlebih tak ada tindakan atau upaya Pemkot Tangsel untuk menutup ataupun menyetop kegiatan pembuangan sampah di lokasi tersebut.

Keluhan serupa juga disampaikan Andi, satu pengurus Organisasi Kepemudaan (OKP) dari Gugus Alam Nalar Ekosistem Pemuda (Ganespa) Kota Tangsel, yang meminta Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) setempat maupun Badan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) setempat mengatasi masalah tersebut.

“Mereka harus turun tangan menuntaskan masalah tumpukan atau buangan sampah di pinggir anak Kali Angke agar tak menimbulkan masalah dikemudian hari,” tuturnya yang berharap Walikota Airin Rachmi Diany turun tangan langsung menanggani masalah tersebut.

Tumpukan buangan sampah itu, tambah dia, belakangan sudah tumpah ke badan kali yang dikhawatirkan lama kelamaan bakl menutup anak kali tersebut sehingga dapat menimbulkan banjir. Belum lagi dampak bau tak sedap yang ditimbulkan dari sampah buangan ke lingkungan warga sekitar.

Sementara itu, Kepala BPLHD Kota Tangsel, Rahmat Salam, mengatakan pihaknya sudah mengingatkan warga sekitar tak lagi membuang sampah di lokasi tersebut. “Kami juga berkoordinasi dengan DKPP setempat dalam menanggani masalah sampah buangan di lokasi tersebut,” ujarnya yang berharap dalam waktu dekat bisa langsung ditangani dengan cepat.

(anton/sir)