Thursday, 15 November 2018

17 Pelajar Ikuti UN di Lembaga Pemasyarakatan

Senin, 4 April 2016 — 13:23 WIB

BOGOR (Pos Kota) – Sebanyak 17 siswa SMA mengikutu Ujian Nasional (UN) di aula Lapas Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Senin (4/3/2016). Tiga di antaranya masih terdaftar di sekolahnya, sedangkan 14 lainnya ikut UN kejar Paket C.

“Ke-17 siswa ini rata-rata sudah menjalani masa hukuman delapan bulan dan terlibat dalam tawuran dan penyalagunaan narkoba,” ungkap Kepala Lapas Pondok Rajeg Sunjonggo. Saat mengikuti UN mereka diawasi pengawas yang ditunjuk Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten
Bogor.

“Pelaksanaan UN kita bagi dua shift, pertama pukul 07:00 sampai pukul 08:30 dan kedua pukul 09:00 sampai 11:30,” katanya.

Tercatat, dari 17 siswa ini, empat di antaranya mengikuti UN berbasis kertas ujian, mereka itu dua siswa dari Depok dan dua lainya dari SMA di Kabupaten Bogor. Sedangkan 14 lainnya ikut kejar Paket C.

Sebelum menghadapi UN, warga binaan diberikan pelatihan menjawab soal serta modul-modul oleh pihak sekolah. “Latihan dilakukan sebulan sebelum UN, setiap tiga hari, guru dari sekolah didatangkan untuk melatih dan membinan kepada siswa,” katanya.

Untuk membantu kelancaran para siswa binaan ini, ia menempatkan para siswa yang mengikuti UN dalam satu sel. “Tujuannya agar mereka bisa mempersiapkan diri belajar bersama di dalam satu sel,” katanya. (iwan/yp)