Sunday, 18 November 2018

Antisipasi Banjir, Empat Bus Disiagakan di SMA 8 Bukit Duri

Senin, 4 April 2016 — 18:44 WIB
Sejumlah siswa SMAN 8 berdoa bersama sebelum mengikuti UN, Senin (4/4). (Rachmi)

Sejumlah siswa SMAN 8 berdoa bersama sebelum mengikuti UN, Senin (4/4). (Rachmi)

TEBET (Pos Kota) – Empat bus sekolah disiagakan Dinas Perhubungan di SMAN 8 Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan untuk mengevakuasi siswa ke SMAN 28 jika terjadi banjir di tengah berlangsungnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Cuaca yang tidak bisa diprediksi menyebabkan potensi banjir harus diantisipasi sejak dini sehingga pelaksanaan UN lancar dan sukses,” kata Kepala SMAN 8, Agusman Anwar, Senin (4/4).

Menurut Agus, evakuasi siswa ke SMAN 28 merupakan pilihan terakhir yang akan ditempuh manakala banjir melebihi satu meter. Sebelumnya alternatif lain yakni menyiagakan satu lab (ruang ujian) dilengkapi 40 unit laptop berikut satu UPS portable. Ataupun menyiagakan dua unit genset untuk antisipasi pemadaman listrik.

Manakala terjadi genangan saat UN, pihak sekolah menyiapkan akses khusus bagi siswa melalui tangga darurat untuk menghubungkan ke lokasi yang tidak tergenang.

Ia menambahkan UNBK tahun ini diikuti 360 siswa dibagi tiga sesi masing-masing 120 siswa yakni Pkl:07.30 – 09.30, 10.30 – 12.30, dan sesi ketiga 14.00 – 16.00. Setiap ruang ujian dijaga dua pengawas, satu teknisi, dan dua proktor. Ruang ujian tersebar di lantai dua dan lantai tiga.

Sebelum UN, sejumlah siswa berkumpul di halaman untuk berdoa bersama. Sebagian siswa ada yang menangis saking terharu dan menyalami guru maupun rekan lainnya. (Rachmi/win)