Tuesday, 20 November 2018

Menpar: Cirebon Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Unggulan

Selasa, 5 April 2016 — 14:59 WIB
Menpar Arief Yahya saat festival Pesona Cirebon. (ist)

Menpar Arief Yahya saat festival Pesona Cirebon. (ist)

JAKARTA (Pos Kota)- Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa Cirebon memiliki potensi menjadi destinasi wisata unggulan di Jawa Barat.

Hal ini mengingat Cirebon menjadi kota dengan budaya yang kuat yang diwakilkan melalui kehadiran keraton kasultanan. Selain itu Cirebon juga memiliki aneka jenis makanan unggulan yang bisa disulap menjadi wisata kuliner menarik, memiliki tempat bersejarah dan alam yang indah.

“Sebentar lagi Cirebon juga akan memiliki akses transportasi ke dunia luar dengan dibangunnya Bandara Internasional Kertajati. Tentu ini akan sangat menguntungkan pengembangan destinasi wisata Cirebon,” papar Menpar saat menghadiri Festival Pesona Cirebon 2016.

Menpar mengakui keunggulan-keunggulan yang dimiliki Cirebon tersebut sudah saatnya untuk dieksplorasi. Mulai dari kekayaan budaya, wisata kuliner, sumber daya alam (destinasi wisata alam) dan wisata sejarah.

“Kegiatan promosi untuk mengenalkan Cirebon ke dunia luas amat penting dan strategis. Dan ini harus dilakukan secara sinergis antara pemda, masyarakat dan juga kesultanan termasuk kami dari pemerintah pusat,” tambah Arief Yahya.

Dengan dibangunnya bandara Kertajati , Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yakin bahwa sektor wisata Cirebon akan terus menggeliat, berkembang dan maju pesat.
“Cirebon sebentar lagi saya yakin akan menjadi kawasan metropolis Cirebon Raya,” jelas Gubernur.

Diakui Gubernur peranan keraton Kasepuhan yang saat ini dipimpin oleh Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadingrat SE sebagai pengayom sendi-sendi kehidupan orang Cirebon sangat penting untuk pengembangan Cirebon ke depan. Contohnya saja inisiatif Sultan untuk menyelenggarakan Festival Pesona Cirebon yang berlangsung 31 Maret-2 April 2016 lalu. Ini adalah bukti bahwa Cirebon memiliki kekayaan seni budaya yang khas yang bisa menarik wisatawan untuk mengunjungi Cirebon.

Festival Pesona Cirebon tersebut dikatakan Gubernur merupakan perpaduan antara cultural value atau nilai budaya yang kuat berkat peranan Kasepuhan Cirebon sebagai pusat kebudayaan, kesenian dan kuliner dengan commercial value berupa pengelolaan kegiatan yang menarik banyak wisatawan.

Dalam gelaran tersebut Sultan Sepuh XIV juga mengundang dua belas kesultanan lain yang ada di Nusantara, yakni Kesultanan Sumbawa, Kesultanan Ternate, Kesultanan Tidore, Kesultanan Bacan, Kesultanan Bintan, Kesultanan Kutai Kartanegara, Kesultanan Deli, Kesultanan Luwu, Kesultanan Sumedang Larang, Kesultanan Kanoman, Kadipaten Pakualaman, Kesultanan Malaka dan Kerajaan Jipang.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal, Kementerian Pariwisata, Raseno Arya, mengungkap bahwa pihaknya telah mempromosikan Festival Pesona Cirebon ke seluruh Indonesia bahkan luar negeri sejak beberapa waktu lalu. Sebab, Festival Pesona Cirebon adalah bagian dari promosi pariwisata Pesona Indonesia maupun Wonderfull Indonesia.

(inung/sir)

  • Ayu Ting

    Kami dari Dragon4d(com) menyediakan berbagai game dengan hadiah jutaan rupiah hanya dengan depo minimal 30rb dan withdraw minimal 50rb saja suda bisa meraih hadiah jutaan rupiah dengan pelayanan 24jam dari kami hanya dari Dragon4d(com) pin bb : 55A37EC6 diajak juga teman2 yang lain ya biar bisa dapat banyak refferal dari kami,ditunggu ya..:)