Sunday, 18 November 2018

25 Angkutan Umum Jalani Uji Petik, Hanya 3 yang Layak

Rabu, 6 April 2016 — 7:03 WIB
Sejumlah petugas memeriksa kelayakan angkutan umum di Terminal
Rawamangun. (chotim)

Sejumlah petugas memeriksa kelayakan angkutan umum di Terminal Rawamangun. (chotim)

PULOGADUNG (Pos Kota) – Puluhan angkutan umum menjalani uji petik mendadak di Terminal Rawamangun, Pulogadung, Selasa (5/4). Razia ini sekaligus pemantauan lapangan terkait kelayakan kendaraan umum.

Sedikitnya 25 kendaraan umum menjalani uji kelayakan yang dilakukan petugas di dalam terminal. Uji mendadak ini sempat membuat awak kaget. Dari pemeriksaan visual sementara di Terminal Rawamangun, hanya tiga kendaraan yang lolos.

“Kita ingin tahu di lapangan, sejauh apa kendaraan umum mematuhi kelayakan,” kata Dedy Dwi Widodo, Kepala UP Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta.

Disebutkan, kendaraan umum ketika akan melakukan kir biasanya dilengkapi semua. Sehingga saat diuji bisa lolos. Hanya saja saat diuji petik mendadak apakah hal ini juga masih dirawat dengan baik, hal ini yang ingin diperbaiki.

Kegiatan ini sekaligus ingin menyadarkan awak maupun pemilik angkutan umum akan pentingnya keselamatan penumpang. “Kita ingatkan, agar kendaraan dirawat dan bukan hanya saat mau uji kir saja perawatannya,” katanya.

Disebutkan, uji kelayakan dilakukan visual. Seperti lampu, rem dan klakson apakah berfungsi baik. Kegiatan ini akan dilakukan berkelanjutan di sejumlah terminal di DKI Jakarta.

M Faishol, Kepala Unit Pelaksana Terminal dan Angkutan Jalan (UPTAJ) DKI Jakarta, mengatakan sangat mendukung langkah yang dilakukan untuk melakukan uji petik di terminal. Hal ini upaya menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna jasa angkutan umum di DKI Jakarta.

“Pemilik angkutan umum harus merawat secara rutin sehingga kelayakan angkutan ini membuat penumpang aman dan nyaman,” katanya. (chotim)